Sabtu, 10 Juli 2010

Guru Pemandu.....siap

         Hari Minggu  11 Juli 2010 ini 90 orang Guru Pemandu KKG (Kelompok Kerja Guru) dari  45 gugus  KKG baru calon penerima dana bantuan langsung program BERMUTU tahun I , akan mengikuti Pelatihan Guru Pemandu yang diselenggarakan oleh LPMP Jawa Tengah, selaku PCT (Province Core Team) Jawa Tengah. Mereka berasal dari 45 gugus KKG  dari 19 kecamatan yang baru tahun ini akan melaksanakan program Bermutu.  
          Masing-masing gugus mengusulkan 2 anggota nya untuk menjadi Guru Pemandu yang bertugas memandu  teman-teman dalam meningkatkan kompetensi dan profesionalitasnya. Mereka dibagi dalam 2 kelompok , 45 orang akan berlatih di Hotel Beringin, Jl. Jendral Sudirman Salatiga dan 45 orang lainnya di Hotel Kusuma Sahid Prince Hotel, Jl. Sugiyopranoto No 20 Surakarta. Mereka akan diberi bekal untuk menjadi Guru Pemandu hingga tanggal 19 Juli 2010. 
           Untuk selanjutnya nanti segera menyusul  untuk Guru Pemandu MGMP Matematika yang berasal dari gugus yang baru tahun ini akan mendapatkan DBL Bermutu, pelatihan akan dilaksanakan pada tanggal13 s.d 21 juli 2010 bertempat di Riyadi Palace Hotel, Jl. Slamet Riyadi 335 Solo.
         Dan untuk Guru Pemandu MGMP Bahasa Indonesia yang berasal dari gugus yang baru tahun ini akan mendapatkan DBL Bermutu, pelatihan akan dilaksanakan pada tanggal 17 s.d. 25 Juli 2010, bertempat di  Indah Palace Hotel Solo, Jl. Veteran 284 Solo.
          Sedangkan untuk Guru Pemandu IPA, Bahasa Inggris dan gugus yang lama belum ada jadwal dan undangan yang kami terima. Demikian juga untuk Kepala Sekolah dan Pengawas Pemandu akan segera menyusul . Namun demikian karena gugus yang tahun lalu telah melaksanakan program Bermutu tentunya telah dapat melaksanakan evaluasi atas kinerja tahun lalu dan dari evaluasi tersebut diharapkan pelaksanaan tahun kedua ini nanti bisa lebih baik.           
           Yang lebih diharapkan tentunya agar kegiatan peningkatan kompetensi melalui kelompok kerja seperti KKG/MGMP/KKKS/MKKS/KKPS/MKPS ini tidak hanya menghasilkan peningkatan kompetensi dengan bukti sertifikat namun yang lebih utama bagaimana para Guru/KS/PS ini mampu mengimplementasikan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dengan lebih profesional.
         Oya perlu diingat karena dana program Bermutu ini selain berasal dari APBN juga dari Hibah Pemerintah Belanda dan Utang Bank Dunia, maka pelaksanaan pelatihan dan Rapat Koordinasi senantiasa berstandar bank Dunia, karena itu tempat pelaksanaan tidak di LPMP namun di Hotel berbintang 3-5. Agar dana yang telah dianggarkan ini bermanfaat kami berharap semua yang terlibat dapat dengan sungguh-sungguh menindaklanjuti dan mengimplementasikannya.
         Selamat berlatih ......semoga bermanfaat bagi peningkatan kualitas dan profesionalitas guru yang berujung pada peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

2 komentar:

nurkadi mengatakan...

Saya hanya bisa berharap ketularan ilmunya saat KKG BERMUTU nanti utamanya ttg TIK untuk pembelajaran, maklum masih miskin ilmu & belum menyandang guru prof.
Semoga Belanda berhasil menjadi juara dunia, karena pemerintahnya telah menghibahi dana pendidikan untuk bangsa kita.

Masruroh mengatakan...

Ya Pak semoga harapan bapak terkabul...kalau dihayati dg baik memang untuk menjadi guru profeional masih banyak yg harus kita pelajari, kembangkan dan implementasikan. Mengembangkan keprofesian itu tiada henti, karena prinsipnya guru adalah pembelajar sepanjang hayat.......