Minggu, 11 Juli 2010

MOS yang Informatif dan Menyenangkan

      Besok Senin 12 Juli 2010 adalah hari pertama bagi banyak siswa yang baru duduk di kelas 1, 7, atau 10. Dengan perasaan dan semangat baru, mereka masuk dalam lingkungan sekolah baru.  Orang tua juga ikut sibuk memepersiapkan segala sesuatu perlengkapan baru, sebatu baru, seragam baru, buku dan alat tulis, juga tas baru. Tailor dan tukang jahit juga sibuk dipenuhi jahitan seragam sekolah. Karena itu toko alat tulis, toko sepatu dan toko perlengkapan sekolah juga tampak ramai. Dan yang tidak kalah ramainya minggu lalu adalah toko emas dan pegadaian.....

       Bagaimana persiapan sekolah menghadapi tahun ajaran baru ini??? Salut dan penghargaan yang setinggi-tingginya pada sekolah-sekolah yang telah benar-benar mempersiapkan segala sesuatunya untuk menghadapi tahun ajaran baru ini. Meskipun hal yang rutin dihadapi namun evaluasi yang dilakukan dengan baik tentu akan merekomendasikan banyak perubahan. Penyusunan program tahunan, seperti dokumen KTSP, juga administrasi lainnya, tentu menuntut perubahan ke arah yang lebih baik. Yang tak kalah pentingnya adalah mempersiapkan MOS(Masa Orientasi Siswa) untuk siswa baru.
       MOS sebagai  kegiatan awal yang akan diikuti oleh siswa baru harus direncanakan dan dipersiapkan dengan baik, tidak hanya oleh Kepala Sekolah dan Wakasek Kesiswaan/Koordinator kesiswaan, atau para Pembina OSIS, namun juga para pengurus OSIS/para senior yang terlibat dalam kegiatan ini. Harus diciptakan kesan pertama yang menyenangkan, agar tercipta image dan memunculkan kecintaan dan motiovasi yang tinggi serta kebanggaan para siswa pada sekolah yang menjadi rumah keduabagi mereka. Karena di sekolah lah akan banyak waktu mereka lalui dan habiskan disana setelah rumah mereka.
       Untuk itu kami berharap kepada para kepala sekolah untuk benar-benar mempersiapkan segala sesuatunya, dan melakukan pengawasan yang baik, agar tujuan pelaksanaan MOS yang memberikan gambaran, pengenalan dan informasi tentang sistem pembelajaran, kegiatan dan program yang akan diikuti , lingkungan dan warga sekolah serta  segala sesuatu terkait kegiatan yang akan mereka tempuh.
    Khususnya kepada para siswa senior/pengurus OSIS yang akan terlibat dalam kegiatan MOS ini gar mendapat pengarahan yang jelas dan batasn hal-hal apa yang boleh dan tidak boleh mereka lakukan. Karena banyak contoh dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya kejadian yang tidak kita inginkan bersama, agar tidak terulang. Semua kegiatan dan tugas yang akan dilakukakn siswa baru harus berorientasi pada proses pembelajaran ynag baik. Jangan samapai terkesan malah menjadi ajang perploncoan yang dinilai membodohkan. atau 'nyeleneh'. Lebih-lebih kegiatan yang melewati batas keselamatan atau melanggar nilai/norma. Karena semua kegiatan dalam MOS menjadi tanggung jawab Kepala Sekolah, untuk itu kami berharap agar semua dalam pengawasan dan kontrol yang baik
      Selamat mengenal lingkungan yang baru........

    

Tidak ada komentar: