Jumat, 09 Juli 2010

PLPG..... siap action!!

      Setelah hasil penilaian Portopolio selesai dilaksanakan oleh Tim Asesor Sertifikasi,  dan pengumuman hasil disampaikan ke Kabupaten /Kota, yaitu bagi yang LULUS PORTOPOLIO, segera menunggu  terbitnya  SERTIFIKAT PENDIDIK sebagai bukti dokumen profesionalitasnya. Adapun ketentuan kelulusan sebagaimana tercantum dalam Pedoman penyusunan Portofolio yang dikeluarkan oleh Dirktorat Jendral Pendidikan Tinggi Depdiknas tahun 2010 adalah sebagai berikut:
        Batas minimal kelulusan (passing grade) adalah 850, dengan mengikuti ketentuan pengelompokan sepuluh komponen portofolio ke  dalam unsur A, B dan C sebagai berikut:

A. Unsur Kualifikasi dan Tugas Pokok
     Unsur kualifikasi dan tugas pokok terdiri atas 3 komponen yaitu :
     1. Kualifikasi akademik
     2. Pengalaman mengajar
     3. Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran
     Total skor unsur A minimal 340, semua komponen pada unsur ini tidak boleh kosong, dan skor komponen  A.3 minimal 120
B. Unsur Pengembangan Profesi
     terdiri dari 4 komponen:
     1. Pendidikan dan Pelatihan 
     2. Penilaian dari atasan dan pengawas
     3. Prestasi akademik
     4. Karya pengembangan profesi
     total skor unsur B minimal 300, khusus untuk guru yang ditugaskan pada daerah khusus minimal 200, dan skor komponen B.2 minimal 35
C. Unsur Pendukung Profesi
     Terdiri 3 komponen
     1. Keikutsetaan dalam forum ilmiah
     2. Pengalaman organisasi di bidang kependidikan dan sosial
     3. Penghargaan yang relevan dengan bidang pendidikan
     total skor unsur C tidal boleh nol.

Karena itu pada pengumuman kali ini kami dapatkan peserta yang total skor melebihi 850, tetapi tidak lulus porpolio karena nilai unsur dan komponen tertentu tidak terpenuhi.
        Selanjutnya untuk yang tidak memenuhi ketentuan kelulusan ini wajib mengikuti PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru), daftar peserta Sertifikasi Guru Kabupaten Pekalongan tahun 2010 yang harus mengikuti PLPG dapat dilihat DISINI.
        Adapun jadwal PLPG secara bertahap akan dilaksanakan dan disampaikan kepada kabupaten/kota. sampai dengan hari ini kita telah menerima undangan PLPG untuk kelompok guru Ketrampilan dan Teknik, IPA, dan Biologi. Dapat di klik di : TEKNIKBIOLOGI, atau IPA.

Selamat ber-PLPG, semoga materi diklat yang bapak/ibu ikuti dapat meningkatkan profesionalitas bapak/ibu dan lulus pada ujian PLPG, dan tentu yang sangat diharapkan dapat diimplementasikan di kelas bapak/ibu yang berdampak pada peningkatan mutu pendidikan di negara kita.........

Tidak ada komentar: