Jumat, 02 Juli 2010

Penggunaan Modul BBM dan Suplemen

       Dalam kegiatan pemberdayaan kelompok kerja KKG/KKKS/KKPS/MGMP/MKKS/MKPS yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru, kepala sekolah dan pengawas  dan profesionalitas mereka dalam pelaksanaan tugas khususnya peningkatan mutu pendidikan, Kementerian Pendidikan Nasional melalui program BERMUTU telah mencetak sejumlah BBM(Bahan Belajar Mandiri) dan SUPLEMEN. Keduanya ini bisa kita sebut sebagai MODUL
        Modul yang telah ditulis oleh para pakar, dosen atau widyaiswara baik dari LPTK, P4TK dan praktisi pendidikan ini untuk mendukung peningkatan kompetensi para guru, KS dan PS. Modul-modul ini sangat memadai untuk mendukung pelaksanaan tugas, di samping itu modul -modul ini juga  dapat menjadi referensi bagi para guru dalam membuat PTK(Penelitian Tindakan Kelas) dan bagi para Kepala Sekolah dan Pengawas untuk membuat PTS (Penelitian Tindakan Sekolah) sebagai upaya yang harus dilakukan terus menerus untuk memperbaiki proses pembelajaran atau kebijakan yang dapat dilakukan satuan pendidikan.
       Sebagai produk dari sebuah proyek yang dibatasi oleh jadwal  yang ketat dalam penyusunannya, karena menurut beberapa penulis mereka harus menyelesaikan dalam waktu 2-3 bulan, tentu belum lah sempurna, dan memungkinkan untuk dilakukan kajian kritis terhadap kontennya, untuk dapat direvisi pada edisi berikut.
        Karena itu pula modul-modul ini bisa menjadi bahan kajian kritis yang menjadi salah satu tagihan kelompok kerja. Yang harus difahami dalam kajian kritis adalah agar para Guru, KS dan PS dapat saling berdiskusi, mengkaji dan mendapat pemahaman yang mendalam. Diharapkan pula melalui kegiatan kelompok kerja ini mampu mendorong kita untuk mau membaca banyak hal yang mendukung peningkatn profesionalitas, termasuk bagian dari CPD (Continuous profesional development)/PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) yang harus terus dilakukan.  
        Ada Modul yang bersifat Umum dapat menjadi referensi untuk siapa saja dan Modul khusus untuk Guru Kelas atau Guru mata Pelajaran, serta Modul untuk peningkatan kompetensi Kepala Sekolah dan Pengawas.
Selamat Belajar...... Selamat ber CPD......Selamat Membaca

Beberapa Modul telah saya upload di Laman BBM.

Daftar dan Jumlah BBM dan SUPLEMEN yang telah disediakan:
1.  11 BBM Paedagogik
2.   6  BBM Manajemen Umum
3.  11 BBM Suplemen
4.   9  BBM Mata Pelajaran IPA SD
5.  11 BBM Mata Pelajaran IPA SMP
6.   8  BBM Mata Pelajaran IPS SD
7.  10 BBM Mata Pelajaran Matematika SD
8.  10 BBM Mata Pelajaran Matematika SMP
9.  10 BBM Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD
10. 10 BBM Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP
 11.10 BBM Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMP.


Tidak ada komentar: