Selasa, 27 Juli 2010

Kegiatan KKG/MGMP

         Sudah beberapa tahun terakhir ini LPMP Jawa Tengah mengucurkan dana block grant untukKKG/ MGMP melalui program revitalisasi. Namun jumlah dana block grant ini semakin menurun, kalau dulu pernah Rp15 juta /MGMP, pada tahun berikutnya menjadi Rp 8 juta dan tahun ini hanya Rp 7 juta, dan diberikan dengan seleksi ketat.

        Tahun ini ada 4 MGMP SMA yang memperoleh dana Blokgrant tersebut, yaitu Bahasa Indonesia, Sosio;ogi, serta 2 lainnya kalau tidak salah Fisika dan Biologi.(maaf karena belum ada pemberitahuan baik dari LPMP maupun dari pengurus MGMP bersangkutan). Untuk Bahasa Indonesia dan Sosiologi kegiatan telah dibuka,dan saya ikut  membuka dan memberikan materi tentang Kebijakan Pendidikan. Untuk Bahasa Indonesia keiatan dilaksanakn di SMA N 1 Kedungwuni dan Sosiologi di SMA PGRI Kajen.
      Beberapa kelompok MGMP UN lainnya pada tahun lalu juga memperoleh dana blokgrant dari LPMP, baik untuk KKG atau MGMP SMP dan SMA/SMK.
      Pada tahun 2009 lalu karena Kabupaten Pekalongan menjadi salah satu dari 75 kabupaten mitra program Bermutu (beberapa tulisan tentang Bermutu bisa di klik di label bermutu) ada 45 kelompok kerja yang mendapat DBL(Dana bantuan Langsung) Program Bermutu, kata lain dari Blockgrant yang langsung masuk ke rekening kelompok kerja masing-masing.  45 kelompok kerja itu adalah 20 gugus KKG, 12 gugus MGMP, 8 K3S, 2 MKKS, 2 KKPS dan 1 MKPS. Ini adalah blockgrant terbesar yang pernah diterima , namun tahun ini jumlah kelompok kerja terbanyak akan  memperoleh DBL, yaitu 121 kelompok dengan total kurang lebih Rp 3,5 M. Tentu hal ini harus disyukuri dan dimanfaatkan sebaik mungkin di tengah keterbatasan APBD yang kita miliki.
     Namun demikian untuk kelompok kerja yang tidak /belum mendapatkan dana blokgrant ini (mapel non UN) tidak menutup kemungkinan untuk juga melakukan pemberdayaan kelompok kerjanya dalam rangka melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan. karena sumber dana kegiatan KKG/MGMP dapat diperoleh dari berbagai sumber. Untuk lebih lengkapnya  materi dan bagaimana pengelolaan KKG/MGMP bisa dibaca : SOP KKG/MGMP Buku 1, SOP KKG/MGMP Buku 2 atau POS KTSP KKG/MGMP Buku 3.

Selamat belajar bersama dalam rangka peningkatan kompetensi dan profesionalisme Guru, Kepala sekolah dan Pengawas Sekolah.........


1 komentar:

Abi mengatakan...

Informasi yang sangat Bagus..