Jumat, 20 Mei 2011

Pemilihan Guru & KS Berprestasi Kabupaten Pekalongan 2011

      
      Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Untuk melaksanakan tugasnya  secara profesional,  guru tidak hanya dituntut memiliki  kemampuan  teknis edukatif, tetapi juga harus memiliki kepribadian yang kokoh sehingga dapat menjadi sosok panutan bagi siswa, keluarga, maupun masyarakat. Selaras dengan kebijaksanaan pembangunan yang meletakkan pengembangan sumber daya manusia (SDM) sebagai prioritas pembangunan nasional, maka kedudukan dan peran guru semakin strategis untuk mempersiapkan SDM yang berkualitas dalam menghadapi era global.

        Era global menuntut SDM yang bermutu tinggi dan siap berkompetisi, baik pada tataran nasional, regional, maupun internasional. Pemilihan guru berprestasi dimaksudkan antara lain untuk mendorong motivasi, dedikasi, loyalitas dan profesionalisme guru, yang diharapkan akan berpengaruh positif pada peningkatan kinerja. Peningkatan kinerja tersebut dapat terlihat dari mutu lulusan satuan pendidikan sebagai SDM yang berkualitas, produktif, dan kompetitif.

      Sehubungan dngan itu, Pemerintah memberikan perhatian yang sungguh-sungguh untuk memberdayakan  guru,  terutama  bagi  guru-guru  yang  berprestasi.  Undang-Undang  No.  14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Pasal 36 ayat (1) mengamanatkan bahwa Guru yang berprestasi, berdedikasi luar biasa, dan/atau bertugas di daerah khusus berhak memperoleh penghargaan.

      Secara teknis, pemilihan guru berprestasi dilaksanakan secara bertingkat, dimulai dari tingkat satuan pendidikan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan tingkat nasional. Secara umum, pelaksanaan pemilihan guru berprestasi telah berlangsung dengan lancar, namun demikian, pelaksanaannya dirasakan masih belum optimum sehingga perlu dilakukan penyempurnaan, khususnya pada aspek yang dinilai.

      Untuk tingkat Kabupaten Pekalongan pada guru SMP, SMA dan SMK  telah dilaksanakan pada Rabu-Kamis, 18-19 Mei 2011 di SMP N 1 Karanganyar. Peserta tahun ini menunjukkan peningkatan yang luar biasa, tidak sepi peserta seperti tahun-tahun sebelumnya. Jumlah  peserta guru SMP= 33, guru SMA dan SMK= 23 dan KS SMP=1 dan KS SMA=3. 
   
       Kegiatan selama 2 hari diisi dengan acara, hari I:  pembukaan (pengarahan dan penjelasan teknis), tes tertulis dan unjuk kerja(mikro teaching),Kegiatan hari ke 2: presentasi karya publikasi ilmiah dan wawancara.

       Kami mohon maaf kalau dalam penyelenggaraan ini masih ada kekurangan, khususnya kekurang sregan teman-teman karena adanya anggota juri yang kurang koordinasi dalam pelaksanaan penilaian. Namun masukan ini menjadi perhatian kami dalam menilai semua aspek khususnya prestasi dan penghargaan yang pernah diperoleh di tingkat provinsi dan nasional.  Apresiasi kami atas partisipasi para guru yang telah menunjukkan bahwa mereka adalah guru profesional yang siap unjuk kerja. Ini menunjukkan adanya  bentuk tanggung jawab profesional.  Yang perlu ditingkatkan adalah partisipasi KS SMP yang belum optimal. Juga masih sangat rendahnya partisipasi guru non pns/GTY dalam kegiatan ini. Karena toh mereka juga seharusnya profesional karena sudah banyak GTY yang bersertifikat. Semoga tahun depan jauh lebih baik lagi

      Untuk hasil kegiatan ini akan kami sampaikan pada tanggal 1 Juni 2011. Selanjutnya nanti yang berhasil meraih juara 1 akan mewakili Kabupaten Pekalongan di tingkat Provinsi Jateng. Seleksi di Semarang untuk tingkat Provinsi pada awal Juli , Dan dalam waktu sebulan ini  kita akan lakukan pembinaan dengan meghadirkan nara sumber atau juri  yang berkompeten maupun dari para peserta tahun lalu.

       Semoga yang terpilih nanti benar-benar yang terbaik dan mampu berbicara di tingkat provinsi Jateng bahkan di tingkat nasional.

       Sedangkan untuk  pemilihan Guru dan Kepala Sekolah tingkat TK dan SD akan
 kami laksanakan pada tanggal 24, 25 dan 26 Mei 2011 bertempat di UPT Bojong. Karena itu mohon kepada Kepala UPT Pendidikan di 19 kecamatan agar siap mengirimkan para juara tingkat kecamatannya untuk berkompetisi di tingkat Kabupaten.


  




      

9 komentar:

Anonim mengatakan...

Dari:
imam sukron
TA.B
really heavy duty of a sincere and patient teacher is the key to success for a teacher a good teacher is an unsung hero that we must respect as the source of knowledge comes from a teacher.

Anonim mengatakan...

career development of teachers is very necessary especially to see PERMENPAN 16/2009 which will be implemented by 2013 with the career development of teachers is expected to create a professional teacher professional teachers will be able to create competent learners who qualified a teacher must work hard and full maximum high responsibility that comes kredebilitas are proud of.
IMAM SUKRON
TA.B
BOJONG PKL.

Yassir mengatakan...

Apakah lomba ini hanya untuk guru yang sudah PNS? Bagaimana dengan yang Wiyata Bhakti?

Masruroh mengatakan...

@Yassir : semua guru bisa mengikuti silakan ikuti scr berjenjang dr tk satpend, juara mewakili ke tk kec, selanjutnya pemenang ke tk kab, provn nasional

Masruroh mengatakan...

@Imam: thanks for your comment

Anonim mengatakan...

Apa bedanya Pemilihan Guru & KS Berprestasi dg Lomba Guru & KS Berprestasi ?

Anonim mengatakan...

Whether being a teacher it is hard it mother, for my teacher is a hero and I think a teacher is a very precious gift...
good luck for teachers in the world
M.fathul umam
TA.B/MPI/STIKAP
Www.surobayan.com

Masruroh mengatakan...

@Anonim: sama bu, sesuai petunjuk pusat namanya "Pemilihan" tapi teman2 pengawas di tk/sd sudah terbiasa dg "lomba",

surobayan.co.cc mengatakan...

Kunjungi kami di
www.surobayan.co.cc