Selasa, 24 Mei 2011

Kebangkitan....

        Ada yang baru dari kebijakan Kemendiknas pada setiap kegiatannya. Baik dalam kegiatan sosialisasi, dklat dan workshop, yaitu dimasukkannya materi tentang Pendidikan Karakter Bangsa. ya niat yang baik dan mulia. Di tengah keterpurukan moral dalam kehidupan berbangsa ini, Kemendiknas menggalakkan kembali tentang karakter bangsa. hal ini pula yang diangkat pada tema Hardiknas tahun ini juga menjadi tantangan kita semua dalam refleksi Hari Kebangkitan Nasional.
       Namun niat baik ini terasa masih sangat berat apabila jajaran pendidikan diharuskan menanamkannya dalam seluruh aspek dan program satuan pendidikan sementara keteladanan kepemimpinan yang dipertontonkan di media massa dan di lingkungan sehari-hari jauh dari materi dan prinsip pendidikan karakter.

Pendidikan karakter dapat dimaknai sebagai pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak, yang bertujuan mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memberikan keputusan baik-buruk, memelihara apa yang baik, dan mewujudkan kebaikan itu dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati.

Akan tetapi sebagai guru profesional tentunya dengan kesungguhan dan profesionalitasnya pasti tidak berputus asa dan program mulia ini harus diimplementasikan oleh setiap pendidik, dengan terus menggali dan berkreativitas dalam rangka menjalankan tugasnya karena memiliki salah satu tuntutan kemampuan yang  harus dimilki yaitu  kemampuan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional yaitu : mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan , kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Bagaimana dengan pembelajaran anda di kelas, sudahkah memasukkan pendidikan karakter di dalamnya.....

Berikut Contoh  materi yang saya kopi dari blognya pak Mursyid (http://mmursyidpw.wordpress.com/download/ ) yang mungkin bermanfaat :

PERANGKAT PEMBELAJARAN BERKARAKTER SMP/MTs – 2010 (Silabus, RPP, Pemetaan SK/KD, KKM, Prota/Promes)


Tidak ada komentar: