Rabu, 04 Mei 2011

Pelatihan Manajemen Proyek dan Manajemen Keuangan Program Bermutu

       Selama tahun 2010, telah banyak kegiatan program BERMUTU yang diselenggarakan oleh semua Satker Pusat, UPT, dan Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten/Kota. Kegiatan yang menjadi inti dariprogram BERMUTU dalam upaya meningkatkan kualitas sistem pendidikan nasional yaitu dalam pemberdayaan guru dan kelompok guru dan kelompok kerja tenaga kependidikan melalui penyaluran Dana Bantuan Langsung yang telah  berjalan.
        Nah dalam kesempatan ini , pelatihan dilaksanakan di hotel Salak, Bogor 25-27 April 2011, dengan peserta dari 3 provinsi (Jawa barat, jawa Tengah dan Jawa Timur) yang diikuti oleh 32 utusan kabupaten/kota,3 LPMP,2 P4TK dan 2 Satker di BPSDM & PMP. Dengan menghadirkan semua pengelola program ini diharapkan dapat duduk bersama untuk mereview implementasi Program BERMUTU selama tahun 2010. dengan review tersebut diharapkan akan diperoleh masukan tentang berbagai hal yang masih perlu ditingkatkan pada tahun 2011.
      Kegiatan ini sekaligus merupakan forum semua pengelola kepentingan untuk menyampaikan permasalahan, koreksi, pandangan dan gagasannya yang relevan dengan penyelenggaraan program. Selanjutnya, berdasarkan masukan tersebut akan dirumuskan langkah-langkah tindak lanjut yang diperlukan untuk menjamin bahwa kegiatan tahun 2011 bisa lebih baik.
      Tujuan khususnya adalah : a) Tersosialisasinya berbagai kebijakan nasional yang relevan dengan penyelenggaraan program BERMUTU, b) Terbahasnya hasil dan permasalahan teknis serta solusi yang dihadapi, c) Terfahaminya kebijakan, strategi, teknis penyelenggaraan serta isi kegiatan pprogram BERMUTU 2011, d) Teridentifikasinya berbagai permasalahan dan hambatan potensial dalam penyelenggaraan program,  e) Terpahaminya sistem pengendalian untuk menjamin transparansi dan akuntabilitas.
     Dari beberapa nara sumber dan jawaban atas beberapa pertanyaan yang muncul ada informasi yang dapat saya catat sebagai berikut :
1. Terjadi Perubahan Struktur Organisasi di Kementerian Pendidikan Nasional
2. Program BEMUTU yang semula dikelola oleh Dirjen PMPTK dan Dikti , kini di Dirjen Dikdas,dan Dikti sehingga proses pencairan dana pinjaman dalam rekening bank Dunia mengalami penundaan waktu karena berbagai kelengkapan administrasi harus disesuaikan.
3.  Bank dunia akan melakukan MId Term Review pada bulan Juni-Juli 2011untuk menilai pelaksanaan program di paruh waktu sesuai MoU.
4. LPMP dan P4TK agar segera melaksanakan kegiatan sesuai dengan DIPA yang telah disetujui.
5.  Dimohon KKKS dan KKPS melakukan observasi di kelas untuk mencatat dan melaporkan berapa banya guru yang melaksanakan PAIKEM di kelas, dan berapa banyak yang sudah S1.
6. Setiap tahun seiring dengan otonomi daerah ada pergantian TIM Bermutu agar dikondisikan  Tim baru untuk segera beradaptasi dan memahami program.

Tidak ada komentar: