Senin, 18 Juli 2011

Pemberdayaan MGMP SMA

         Pada Sabtu lalu, 16 Juli 2011, bertempat di SMA N 1 Kedungwuni telah dilaksanakan "Pembukaan Pemberdayaan MGMP SMA Kabupaten Pekalongan Penerima Dana Blokgrant tahun 2011". Pada tahun 2011 ini ada 6 MGMP SMA Kabupaten Pekalongan yang berhasil memperoleh Dana Blokgrant dari LPMP Jawa Tengah, dari 11 kelompok yang mengajukan proposalnya. Enam kelompok yang lolos itu adalah MGMP Bahasa Indonesia, Matematika,  Fisika, Biologi, Geografi dan Sosiologi. 

         Para pengurus telah menyusun proposal kegiatan dalam rangka meningkatkan kompetensi para anggotanya. Dana Blokgrant yang semula akan diberikan sebesar Rp 10 juta/MMGMP ternyata saat diumumkan oleh LPMP diminta merubah RABnya karena berubah menjadi Rp 15 juta/MGMP. Kegiatan pemberdayaan ini akan dilaksanakan selama dalam 15 kali pertemuan di hari-hari MGMP di tahun 2011 ini dengan diisi berbagai kegiataan dan mengundang beberapa nara sumber dan dipandu para instruktur yang telah lolos seleksi di LPMP.
          Hal ini disambut gembira oleh para pengurus dan anggota, karena upaya peningkatan kompetensi yang mereka lakukan di kelompok kerja masing-masing ini mendapat dukungan dana dari APBN. Harapan kami tentunya dapat agar kegiatan pemberdayaan ini dapat benar-benar dilaksanakan dan menghasilkan peningkatan kompetensi para guru untuk lebih menjadi guru profesional, yang menguasai 4 kompetensi guru (kepribadian, sosial, paedagogik dan profesional). Dan yang juga harus ditingkatkan adalah kemampuan dalam Publikasi Ilmiah (melakukan penelitian, menulis buku dan laporan hasil penelitian dlsb) serta pengembangan karya inovatif (menciptakan media dan alat peraga sesuai bidang ilmunya)
         Karena pada kesempatan kali pula kami berharap agar tahun ini lebih banyak guru SMA yang berpartisipasi dalam lomba yang diselenggarakan dalam rangka menunjukkan profesionalitasnya seperti Lomba keberhasilan guru, lomba penulisan "Best Practice", Lomba Blog Guru atau Lomba PTK.
         Pada kesempatan yang sama pula MKKS SMA Kabupaten Pekalongan juga memperoleh dana Blokgrant sebesar Rp 15 juta dalam rangka memberdayakan MKKS guna peningkatan kompetensi para Kepala SMA. Mereka pun dituntut meningkatkan 5 kompetensinya (kepribadian, sosial, manajerial, supervisi dan kewirausahaan).


6 komentar:

Zulmasri mengatakan...

Apa kegiatannya semacam MGMP BERMUTU di SMP Bu?

Masruroh mengatakan...

@Zulmasri : ya pak,namun kegiatan diserahkan sepenuhnya kepada pengurus. Mereka susun dalam proposal sesuai TNA, karena proposal yg mereka susun itulah yang akan diseleksi di LPMP karena hanya 60% MGMP yg disetuji. Dari Kabupaten Pkl ada 11 MGMP yg mengajukan proposal tp hanya 6 yg dapat blokgrant.

sugeng mengatakan...

Sekedar revisi, kegiatannya 15 kali bu, dan mohon bimbingan dan masuknnya sehingga kegiatan dapat berjalan sesuai yg diharapkan terima kasih. selamat menjalan kegiatan blockgrant pada para pengurus MGMP

Masruroh mengatakan...

@Sugeng : Trims pak atas koreksinya. Mohon kegiatan MGMP ini harus dihayati sebagai bagian dari tugas dan kebutuhan guru dalam rangka mengembangkan diri dan profesionalitasnya, jangan hanya sekedar untuk mempertanggungjawabkan SPJ Blokgrant. Good luck!

muh yatiran mengatakan...

Yata dari Lampung:kami ikut senang MGMP dapat bantuan Blogrant, berarti sama dg kami di Lampung Tetapi sayangnya dana tsb. untuk daerah lampung tidak jadi dikucurkan ke MGMP tetapiakan digunakan untuk peningkatan Kompetensi guru, padahal kami sudah susah payah menyusun proposal. apakah pengalihan ini hanya untuk lampung atau secara nasional bu?mohon penjelasan. Matur nuwun !

Masruroh mengatakan...

@yatiran : Aduh maaf ini bukan kapasitas sy unt menjawab, karn itu kebijakan tiap2 LPMP di msg2 propinsi, sdg sy kan org kabupaten pekalongan.