Rabu, 20 Juli 2011

Harmonisasi Modul Program Bermutu

        Pada 30 Juni sd 2 Juli yang lalu saya menghadiri kegiatan "Harmonisasi Modul program BERMUTU” yang diselenggarakan oleh PPPPTK PKn dan IPS pada,  bertempat di    Royal Orchid Garden Hotel, Jl. Indragiri no 4 Batu, Jawa Timur. Kegiatan ini diikuti oleh Perwakilan 75 kabupaten/kota mitra program BERMUTU , 4 PPPPTK dan para penulis Modul.
           Kesimpulan dari kegiatan ini adalah:
1.       PPPPTK PKn dan IPS sebagai salah satu PCU dalam program BERMUTU memiliki tugas dan kegiatan dalam penyusunan MODUL TEMATIK untuk SD pada kelas rendah dan tinggi.
2.       Modul telah selesai dan siap untuk disosialisasikan dan digunakan pada KKG. Untuk itu pada kesempatan kali ini para peserta dibagi dalam 6(enam) kelompok diskusi yang terdiri dari 2(dua) kelompok yang menganalisa dan mengkaji serta memberikan masukan terhadap Modul dan 4(empat) kelompok sesuai kemitraan PPPTK (Matematika, Bahasa, IPA dan PKn-IPS) yang membahas permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan program BERMUTU di daerah termasuk pemecahannya serta saran yang diberikan pada PPPTK.
3.       Hasil masukan dan revisi modul diserahkan kepada tim editing Modul dan hasil diskusi permasalahan kelompok Jawa Tengah terlampir .
4.       Kegiatan kali ini akan diikuti kegiatan berikutnya, yaitu TOT guru pemandu untuk pemahaman Modul tematik. Kabupaten Pekalongan mendapat kesempatan mengirimkan 1 orang Pengawas dan 7 orang guru Pemandu KKG SD yang diselenggarakan dalam 4 tahap, dalam bulan Juli ini.
5. Padakesempatan kali juga membahas  tentang permasalahan yang dihadapi dalam pengelolaan program BERMUTU, dan saya bersama kelompok Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan masuk dalam kelompok mitra PPPPTK Matematika. Beberapa masukan dari pemecahan masalah ini akan disampaikan untuk menjadi pertimbangan bagi kebijakan lebih lanjut. Seperti dilibatkannya para kepala UPTD dalam kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan oleh LPMP.
Untuk keberhasilan upaya peningkatan kompetensi para guru melalui program Bermutu pada 20 -22 Juli 2011 ini juga diselenggarakan Rapat koordinasi dan Pengkajian program Bermutu di Hotel Pramesthi Solo, dengan menghadirkan seluruh Kepala UPTD, para ketua Forum KKG/MGMP/KKKS/MKKS juga dari unsur Dinas pendidikan dan Bappeda kabupaten mitra program. Sermoga segala upaya dan program yang telah dilaksanakan ini membuahkan hasil yaitu meningkatnya kompetensi para guru dan menjadikan mereka guru profesional yang dapat melaksanakan proses pembelajaran yang baik sehingga berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan di negeri ini.
Terkait dengan tunjangan profesi guru bersertifikat di Kabupaten Pekalongan yang dananya melalui transfer ke daerah dalam minggu telah ditransfer ke rekening Bapak ibu guru sebanyak 5 bulan. Semoga dana yang bapak ibu peroleh ini tidak hanya untuk meningkatkan kesejahteraan guru namun juga dapat digunakan untuk peningkatan kompetensinya melalui pengembangan diri maupun membeli buku-buku referensi yang mendukung pembentukan Guru Profesional.

3 komentar:

Aprilia mengatakan...

Semestinya begitu.

RA. KARTINI Lebakbarang mengatakan...

Kapan TOT pemandu untuk pemahaman Modul Tematik di laksanakan bu? smentara bulan Juli sudah mau berakhir. Dan bila sudah mengirimkan dari gugus mana saja?

Masruroh mengatakan...

@RA Kartini Lebakbarang : TOT pemandu untuk pemahaman Modul Tematik di laksanakan oleh ke 4 PPPPTK (bahasa, IPS/PKn ,Matematik dan IPA) pelaksanakaan antar 22- 29 Juli 2011. namun setiap Kab/kota mitra Bermutu hanya diminta mengirimkan 1 orang dr KKG dan atau KKKS/KKKPS. Dan kami telah kirim para juara guru berprestasi tk Kabupaten unt mewakili.