Anda Guru profesional? ayo tunjukkan keberhasilan proses pembelajaran yang telah anda lakukan dengan berpartisipasi dalam “Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran Tingkat Nasional tahun 2011”.
Berikut ketentuan dan penjelasan teknis dapat diunduh disini, atau baca penjelasan berikut:
Selaras dengan kebijaksanaan pembangunan, pengembangan sumber daya manusia merupakan prioritas pembangunan nasional, dimana guru menjadi salah satu kunci utamanya. Kedudukan guru sebagai tenaga profesional diharapkan dapat mengembangkan potensi peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Guru profesional adalah mereka yang dapat mengantarkan peserta didik menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memasuki abad 21 yang kompetitif. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi harus tuntas karena ilmu pengetahuan dan teknologi itu sendiri berkembang dengan cepat. Jadi jelaslah bahwa profesi guru adalah suatu profesi yang dituntut harus terus-menerus melakukan pengembangan diri sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pembelajaran di sekolah harus dipandang sebagai ruh dari pendidikan pada jenjang manapun, dan wajib ditingkatkan mutunya secara terus menerus, karena selama proses pembelajaran peserta didik mendapatkan pengalaman belajar terbanyak. Kondisi penting ini menuntut semua pihak, khususnya yang berkepentingan dengan proses pembentukan “insan Indonesia yang kompetitif dan berdaya saing tinggi” untuk menyadari akan urgensi peningkatan kualitas pembelajaran.
Oleh karena itu, disadari atau tidak pengembangan profesional ini diperlukan oleh setiap guru untuk dapat memenuhi berbagai tantangan dan menyelesaikan berbagai persoalan di dalam melaksanakan tugas profesionalnya di dalam proses pendidikan untuk membantu dan membimbing anak didiknya. Guru harus melakukan berbagai kegiatan pengembangan profesionalisme untuk memperkecil jarak antara pengetahuan, keterampilan, dan kepribadian yang mereka miliki sekarang dengan apa yang menjadi tuntutan ke depan berkaitan dengan profesinya itu. Kementerian Pendidikan Nasional melalui Pusat Pengembangan Profesi Pendidik perlu melakukan kegiatan pegembangan keprofesian berkelanjutan. Kegiatan ini menjadi tanggungjawab pemerintah, pemerintah daerah, penyelenggara satuan pendidikan, dan guru itu sendiri. Menyadari kondisi tersebut di atas, Pusat Pengembangan Profesi Pendidik menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang mampu meningkatkan kemampuan profesional guru, salah satunya adalah “Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran Tingkat Nasional”.
Oleh karena itu, disadari atau tidak pengembangan profesional ini diperlukan oleh setiap guru untuk dapat memenuhi berbagai tantangan dan menyelesaikan berbagai persoalan di dalam melaksanakan tugas profesionalnya di dalam proses pendidikan untuk membantu dan membimbing anak didiknya. Guru harus melakukan berbagai kegiatan pengembangan profesionalisme untuk memperkecil jarak antara pengetahuan, keterampilan, dan kepribadian yang mereka miliki sekarang dengan apa yang menjadi tuntutan ke depan berkaitan dengan profesinya itu. Kementerian Pendidikan Nasional melalui Pusat Pengembangan Profesi Pendidik perlu melakukan kegiatan pegembangan keprofesian berkelanjutan. Kegiatan ini menjadi tanggungjawab pemerintah, pemerintah daerah, penyelenggara satuan pendidikan, dan guru itu sendiri. Menyadari kondisi tersebut di atas, Pusat Pengembangan Profesi Pendidik menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang mampu meningkatkan kemampuan profesional guru, salah satunya adalah “Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran Tingkat Nasional”.
Tujuan kegiatan ini adalah :
1. Memotivasi dan menginspirasi guru untuk melakukan praktik-praktik pembelajaran terbaik.
2. Memupuk minat, bakat, kebiasaan, dan budaya guru dalam meneliti atau menulis karya tulis ilmiah secara baik dan benar, sebagai bagian dari pengembangan keprofesian.
3. Mendesiminasikan berbagai pengalaman guru yang berhasil meningkatkan mutu pembelajaran untuk menjadi referensi dan bermanfaat bagi guru lainnya dalam melaksanakan pembelajaran.
2. Memupuk minat, bakat, kebiasaan, dan budaya guru dalam meneliti atau menulis karya tulis ilmiah secara baik dan benar, sebagai bagian dari pengembangan keprofesian.
3. Mendesiminasikan berbagai pengalaman guru yang berhasil meningkatkan mutu pembelajaran untuk menjadi referensi dan bermanfaat bagi guru lainnya dalam melaksanakan pembelajaran.
Ruang lingkupnya :
1. Bidang kegiatan yang dilombakan dalam Lomba Keberhasilan Guru Dalam Pembelajaran Tingkat Nasional Tahun 2011, adalah praktik-praktik atau pengalaman pembelajaran terbaik dari guru-guru. Bisa berupa karya kreatif, inovatif, memperkenalkan metodologi, atau hasil penelitian .yang terbukti mampu memecahkan masalah-masalah pembelajaran di kelas dan meningkatkan mutu hasil belajar siswa.
2. Indikator meningkatnya prestasi hasil belajar peserta didik dapat diukur melalui skor perolehan belajar, skor sikap, dan berbagai skor pengukuran lain yang tingkat kepercayaannya telah diuji.
1. Bidang kegiatan yang dilombakan dalam Lomba Keberhasilan Guru Dalam Pembelajaran Tingkat Nasional Tahun 2011, adalah praktik-praktik atau pengalaman pembelajaran terbaik dari guru-guru. Bisa berupa karya kreatif, inovatif, memperkenalkan metodologi, atau hasil penelitian .yang terbukti mampu memecahkan masalah-masalah pembelajaran di kelas dan meningkatkan mutu hasil belajar siswa.
2. Indikator meningkatnya prestasi hasil belajar peserta didik dapat diukur melalui skor perolehan belajar, skor sikap, dan berbagai skor pengukuran lain yang tingkat kepercayaannya telah diuji.
Sasaran Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran Tingkat Nasional adalah guru Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Sekolah Luar Biasa (SLB) baik berstatus sebagai guru PNS maupun guru bukan PNS.
A. Persyaratan Peserta
1. Peserta lomba adalah:
a. Guru Taman Kanak-Kanak (TK).
b. Guru Sekolah Dasar (SD).
c. Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP).
d. Guru Sekolah Menengah Atas (SMA).
e. Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
f. Guru Sekolah Luar Biasa (SLB)
2. Masih aktif mengajar pada sekolah negeri atau sekolah swasta di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan Nasional, baik guru PNS maupun guru bukan PNS (guru tetap).
3. Mempunyai masa kerja sebagai guru sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun dibuktikan dengan SK pengangkatan/penugasan pertama sebagai guru.
4. Tunduk kepada keputusan Tim Penilai.
5. Bagi yang pernah 2 (dua) kali menjadi pemenang Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran Tingkat Nasional baik Pemenang I, Pemenang II, maupun Pemenang III dapat mengikuti lomba ini setelah 5 (lima) tahun atau lebih dihitung dari kemenangannya yang terakhir.
1. Peserta lomba adalah:
a. Guru Taman Kanak-Kanak (TK).
b. Guru Sekolah Dasar (SD).
c. Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP).
d. Guru Sekolah Menengah Atas (SMA).
e. Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
f. Guru Sekolah Luar Biasa (SLB)
2. Masih aktif mengajar pada sekolah negeri atau sekolah swasta di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan Nasional, baik guru PNS maupun guru bukan PNS (guru tetap).
3. Mempunyai masa kerja sebagai guru sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun dibuktikan dengan SK pengangkatan/penugasan pertama sebagai guru.
4. Tunduk kepada keputusan Tim Penilai.
5. Bagi yang pernah 2 (dua) kali menjadi pemenang Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran Tingkat Nasional baik Pemenang I, Pemenang II, maupun Pemenang III dapat mengikuti lomba ini setelah 5 (lima) tahun atau lebih dihitung dari kemenangannya yang terakhir.
Lomba dibuka sejak tanggal 2 Mei 2011 dan karya diterima panitia paling lambat tanggal 30 September 2011 (cap pos).
Ketentuan Lomba :
1. Lomba bersifat perorangan.
2. Hasil karya lomba berupa praktik-praktik atau pengalaman pembelajaran terbaik dari guru-guru. Bisa berupa karya kreatif, inovatif, memperkenalkan metodologi, atau hasil penelitian .yangterbukti mampu memecahkan masalah-masalah pembelajaran di kelas dan meningkatkan mutu hasil belajar siswa,
3. Peserta lomba hanya dibolehkan mengirimkan satu karya ilmiah atau karya kreatif dan inovatif di bidang pembelajaran yang sesuai dengan bidang tugas pokoknya sebagai guru bidang studi, guru kelas, atau guru bimbingan konseling.
4. Surat pernyataan penulis, bahwa karya tulis ilmiah tersebut asli hasil kerja sendiri, bukan jiplakan, dan belum pernah dinilai pada lomba sejenis, baik di dalam maupun di luar Kementerian Pendidikan Nasional, dengan diketahui oleh kepala sekolah.
5. Karya lomba dijilid dan diberi sampul dengan ketentuan:
a. Warna hijau untuk guru TK;
b. Warna merah untuk guru SD;
c. Warna biru untuk guru SMP;
d. Warna kuning untuk guru SMA;
e. Warna merah muda untuk guru SMK;
f. Warna putih untuk guru SLB
6. Pada pojok kiri atas sampul ditulis “MEWUJUDKAN GURU PROFESIONAL & BERMARTABAT”
7. Finalis lomba akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti seleksi penentuan pemenang lomba tingkat nasional pada bulan November 2011. Lomba ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2011.
8. Naskah yang masuk menjadi milik Panitia dan hak penerbitannya berada pada Pusat Pengembangan Profesi Pendidik, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan Nasional.
9. Finalis lomba wajib menyerahkan CD berisi powerpoint atau film untuk presentasinya.
10. Materi lomba berkaitan dengan strategi pembelajaran untuk semua guru pada semua jenis dan jenjang pendidikan sesuai dengan bidang tugas masing-masing.
11. Naskah diketik menggunakan kertas ukuran A4 dengan ketikan 2 spasi.
12. Isi :
a. Hasil penelitian, kajian, evaluasi mendalam, deskripsi empiris, atau penciptaan karya inovatif dan kreatif yang dilakukan oleh guru dan terbukti berhasil meningkatkan mutu proses dan/atau hasil pembelajaran.
b. Upaya nyata guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian proses dan hasil pembelajaran.
c. Berdasarkan pengalaman nyata yang telah dilakukan guru sesuai dengan bidang tugasnya dan terbukti berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran.
2. Penilaian Administrasi Naskah:
Tahap pertama dilakukan penilaian naskah dilihat dari kelengkapan administrasi dan keseuaian dengan ketentuan lomba.
3. Penilaian Penentuan Finalis :
a. Tahap kedua dilakukan penilaian terhadap karya ilmiah dilihat dari substansi materi yang dinilai oleh suatu tim penilai tingkat nasional untuk memilih dan menentukan sejumlah karya ilmiah terbaik sebagai finalis.
b. Peserta yang terpilih sebagai finalis lomba akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti penilaian penentuan pemenang Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran Tingkat Nasional pada waktu yang ditentukan.
4. Penilaian Penentuan Pemenang Tingkat Nasional :
Penilaian penentuan pemenang atau juara tingkat nasional dilakukan oleh tim penilai ahli dengan cara wawancara, presentasi dan/atau menggunakan alat evaluasi lainnya untuk menentukan akurasi dan otentisitas keberhasilan pembelajaran atau bimbingan dan konseling dan keaslian karya para finalis.
5. Penetapan Pemenang Tingkat Nasional
a. Menteri Pendidikan Nasional menetapkan pemenang I, II dan III untuk masing-masing kelompok pada tiap-tiap jenjang satuan pendidikan.
b. Menteri Pendidikan Nasional memberian penghargaan dan hadiah kepada para pemenang.
Tema, Materi, dan Isi Karya Lomba
Sesuai dengan proses seleksi di atas, karya lomba peserta harus mengacu kepada hal-hal sebagai berikut::
1. Nama : ......................................................................
2. NIP/NIGB/NIY *) : ......................................................................
3. NUPTK : ......................................................................
4. Jabatan : ......................................................................
5. Pangkat/gol. Ruang : ......................................................................
6. Tempat dan tanggal lahir : ...............................................................
7. Jenis kelamin : ......................................................................
8. Agama : ......................................................................
9 Mata Pelajaran yang diajarkan : .......................................................
10. Masa kerja guru **) : ..............................Tahun
11. Judul karya tulis ilmiah : ..................................................................
12. Pendidikan terakhir : ....................................................................
13. Fakultas/jurusan ***) : .................................................................
14. Status perkawinan : Kawin/belum kawin ****)
15. Sekolah : a. Nama sekolah
b. Jalan
c. Kelurahan/Desa
d. Kecamatan
e. Kabupaten
f. Propinsi
g. Telepon
16. Alamat rumah : a. Jalan
b. Kelurahan/Desa
c. Kecamatan
d. Kabupaten
e. Propinsi
f. Telepon
17. Kegiatan peningkatan profesional guru yang diikuti *****) : .............
18. Kegiatan Lomba Guru yang pernah diikuti : Berapa kali dan juara ke berapa ……
1. Lomba bersifat perorangan.
2. Hasil karya lomba berupa praktik-praktik atau pengalaman pembelajaran terbaik dari guru-guru. Bisa berupa karya kreatif, inovatif, memperkenalkan metodologi, atau hasil penelitian .yangterbukti mampu memecahkan masalah-masalah pembelajaran di kelas dan meningkatkan mutu hasil belajar siswa,
3. Peserta lomba hanya dibolehkan mengirimkan satu karya ilmiah atau karya kreatif dan inovatif di bidang pembelajaran yang sesuai dengan bidang tugas pokoknya sebagai guru bidang studi, guru kelas, atau guru bimbingan konseling.
4. Surat pernyataan penulis, bahwa karya tulis ilmiah tersebut asli hasil kerja sendiri, bukan jiplakan, dan belum pernah dinilai pada lomba sejenis, baik di dalam maupun di luar Kementerian Pendidikan Nasional, dengan diketahui oleh kepala sekolah.
5. Karya lomba dijilid dan diberi sampul dengan ketentuan:
a. Warna hijau untuk guru TK;
b. Warna merah untuk guru SD;
c. Warna biru untuk guru SMP;
d. Warna kuning untuk guru SMA;
e. Warna merah muda untuk guru SMK;
f. Warna putih untuk guru SLB
6. Pada pojok kiri atas sampul ditulis “MEWUJUDKAN GURU PROFESIONAL & BERMARTABAT”
7. Finalis lomba akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti seleksi penentuan pemenang lomba tingkat nasional pada bulan November 2011. Lomba ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2011.
8. Naskah yang masuk menjadi milik Panitia dan hak penerbitannya berada pada Pusat Pengembangan Profesi Pendidik, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan Nasional.
9. Finalis lomba wajib menyerahkan CD berisi powerpoint atau film untuk presentasinya.
10. Materi lomba berkaitan dengan strategi pembelajaran untuk semua guru pada semua jenis dan jenjang pendidikan sesuai dengan bidang tugas masing-masing.
11. Naskah diketik menggunakan kertas ukuran A4 dengan ketikan 2 spasi.
12. Isi :
a. Hasil penelitian, kajian, evaluasi mendalam, deskripsi empiris, atau penciptaan karya inovatif dan kreatif yang dilakukan oleh guru dan terbukti berhasil meningkatkan mutu proses dan/atau hasil pembelajaran.
b. Upaya nyata guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian proses dan hasil pembelajaran.
c. Berdasarkan pengalaman nyata yang telah dilakukan guru sesuai dengan bidang tugasnya dan terbukti berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran.
Aspek Yang Dinilai :
1. Keaslian atau orisinalitas hasil karya lomba yang dibuat oleh guru yang bersangkutan.
2. Bersifat inovatif, spesifik, dan sesuai dengan tugas guru, latar belakang siswa, serta situasi/kondisi tempat guru bertugas.
3. Kesesuaian karya tulis dengan kerangka penulisan hasil laporan karya ilmiah.
4. Hasil pembelajaran atau kebermanfaatan
1. Keaslian atau orisinalitas hasil karya lomba yang dibuat oleh guru yang bersangkutan.
2. Bersifat inovatif, spesifik, dan sesuai dengan tugas guru, latar belakang siswa, serta situasi/kondisi tempat guru bertugas.
3. Kesesuaian karya tulis dengan kerangka penulisan hasil laporan karya ilmiah.
4. Hasil pembelajaran atau kebermanfaatan
Hadiah dan Penghargaan
Bagi pemenang lomba disediakan hadiah berupa uang dengan total nilai sebesar Rp. 427.000.000,- (Empat ratus dua puluh tujuh juta rupiah) dan piagam dari Menteri Pendidikan Nasional.
Bagi pemenang lomba disediakan hadiah berupa uang dengan total nilai sebesar Rp. 427.000.000,- (Empat ratus dua puluh tujuh juta rupiah) dan piagam dari Menteri Pendidikan Nasional.
Mekanisme penyelenggaraan dijelaskan sebagai berikut :
1. Guru peserta lomba mengirimkan karya ilmiah inovasi pembelajaran yang di dalamnya dilengkapi dengan biodata, SK pengangkatan pertama menjadi guru, pengesahan dari kepala sekolah, pernyataan keaslian karya ilmiah, deskripsi/evaluasi diri, dan dijilid rapi dengan warna cover sesuai jenjang satuan pendidikan masing-masing, dikirimkan kepada:
”Panita Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran Tingkat Nasional Tahun 2011” Pusat Pengembangan Profesi Pendidik, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan Nasional Komplek Kemdiknas Gedung D Lantai 14 Jl. Jenderal Sudirman Pintu I Senayan, Jakarta Pusat Telp. (021) 57974126 http://www.pusbangprodik.org
1. Guru peserta lomba mengirimkan karya ilmiah inovasi pembelajaran yang di dalamnya dilengkapi dengan biodata, SK pengangkatan pertama menjadi guru, pengesahan dari kepala sekolah, pernyataan keaslian karya ilmiah, deskripsi/evaluasi diri, dan dijilid rapi dengan warna cover sesuai jenjang satuan pendidikan masing-masing, dikirimkan kepada:
”Panita Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran Tingkat Nasional Tahun 2011” Pusat Pengembangan Profesi Pendidik, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan Nasional Komplek Kemdiknas Gedung D Lantai 14 Jl. Jenderal Sudirman Pintu I Senayan, Jakarta Pusat Telp. (021) 57974126 http://www.pusbangprodik.org
2. Penilaian Administrasi Naskah:
Tahap pertama dilakukan penilaian naskah dilihat dari kelengkapan administrasi dan keseuaian dengan ketentuan lomba.
3. Penilaian Penentuan Finalis :
a. Tahap kedua dilakukan penilaian terhadap karya ilmiah dilihat dari substansi materi yang dinilai oleh suatu tim penilai tingkat nasional untuk memilih dan menentukan sejumlah karya ilmiah terbaik sebagai finalis.
b. Peserta yang terpilih sebagai finalis lomba akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti penilaian penentuan pemenang Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran Tingkat Nasional pada waktu yang ditentukan.
4. Penilaian Penentuan Pemenang Tingkat Nasional :
Penilaian penentuan pemenang atau juara tingkat nasional dilakukan oleh tim penilai ahli dengan cara wawancara, presentasi dan/atau menggunakan alat evaluasi lainnya untuk menentukan akurasi dan otentisitas keberhasilan pembelajaran atau bimbingan dan konseling dan keaslian karya para finalis.
5. Penetapan Pemenang Tingkat Nasional
a. Menteri Pendidikan Nasional menetapkan pemenang I, II dan III untuk masing-masing kelompok pada tiap-tiap jenjang satuan pendidikan.
b. Menteri Pendidikan Nasional memberian penghargaan dan hadiah kepada para pemenang.
Tema, Materi, dan Isi Karya Lomba
Sesuai dengan proses seleksi di atas, karya lomba peserta harus mengacu kepada hal-hal sebagai berikut::
1. Tema Tema lomba adalah “Melalui Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran Kita Wujudkan Guru yang Profesional dan Bermartabat untuk Pendidikan Bermutu”.
2. Materi Strategi pembelajaran untuk semua mata pelajaran pada semua jenis dan jenjang pendidikan sesuai dengan bidang tugas masing-masing.
3. Isi
a. Kegiatan penelitian, kajian, evaluasi, deskripsi, atau penciptaan karya inovatif dan kreatif yang dilakukan oleh guru dan terbukti berhasil meningkatkan proses dan/atau hasil pembelajaran.
b. Upaya nyata guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui kegiatan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian proses dan hasil pembelajaran.
c. Berdasarkan pengalaman nyata yang telah dilakukan guru sesuai dengan bidang tugasnya dan terbukti berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran.
Kerangka Penulisan
1. Bagian awal
a. Halaman judul
1) Judul singkat, jelas, relevan dengan isi tulisan, dan diketik dengan huruf kapital.
2) Nama penulis.
3)Kedudukan guru yang menyatakan keberadaan guru pada satuan pendidikan SD/SLB/SMP/SMA/SMK dan mata pelajaran yang menjadi bidang tugasnya.
4) Tanggal penulisan.
b. Halaman pernyataan dan pengesahan kepala sekolah.
Lembaran ini memuat pernyataan dari guru peserta lomba, bahwa karyanya merupakan karya asli dan belum pernah diikutkan dalam lomba sejenis. Pernyataan ini ditandatangani oleh guru peserta lomba dan mendapat pengesahan atau persetujuan kepala sekolah dengan bukti tanda tangan, nama, NIP/NIGB/NIY (kalau ada) dan stempel sekolah.
c. Kata Pengantar
d. Daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, dan daftar lampiran bila ada
e. Abstraksi (ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris sebanyak 200 – 300 kata)
2. Bagian inti pembahasan
a. Pendahuluan
Pendahuluan berisi atau mengungkapkan antara lain hal-hal sebagai berikut :
1) Latar belakang
o Menggambarkan bahwa topik atau fakta yang dikemukakan merupakan permasalahan nyata di kelasnya.
o Menggambarkan bahwa fokus atau substansi utama karya lomba mampu mengatasi permasalahan pembelajaran dan meningkatkan hasilnya di kelasnya
2) Rumusan masalah yang menggambarkan ruang lingkup atau pembatasan kegiatan pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan topik atau fokus permasalahan.
3) Tujuan dan manfaat dari fokus atau substansi utama karya lomba. Rumuskan secara rinci tujuan (umum dan khusus), dan manfaat dari karya lomba bagi peserta didik, sesama guru, sekolah, dan KKG/MGMP.
b. Kajian teori atau tinjauan pustaka.
Berisi definisi konsep, definisi operasional dan/atau kajian teoritis yang mendasari fokus atau substansi karya lomba. Cara mengutip dan tata tulis referensi atau daftar pustaka menggunakan aturan yang lazim dipakai dalam penulisan karya tulis ilmiah.
c. Langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran, sehingga melahirkan hasil terbaik, yang dibuktikan dengan mutu hasil belajar atau perubahan yang signifikan dari perilaku siswa.
Dalam pembahasan dikemukakan tentang pengalaman nyata guru yang terbukti berhasil memecahkan permasalahan di kelasnya, dan meningkatkan kualitas pembelajaran,.
1) Bila fokus atau substansi lomba berupa pembuatan alat/karya kreatif dan inovatif, langkah-langkah yang harus dilaporkan adalah sbb:
a) Rancangan alat
b) Proses pembuatan alat
c) Pembuatan manual/pedoman penggunaan alat
d) Prosedur penggunaan alat dalam pembelajaran
e) Hasil yang diperoleh
f) Evaluasi kebermanfaatan alat
2) Bila fokus dan substansi lomba berupa penerapan metodologi pembelajaran maka langkah-langkah yang harus dilaporkan adalah sbb:
a) Merancang pembelajaran; termasuk penyusunan silabus, RPP, dan skenario pembelajaran
b) Pelaksanaan pembelajaran dengan metode yang dirancang termasuk instrumen atau alat bantu yang digunakan.
c) Hasil yang diperoleh
d) Evaluasi keberhasilan pembelajaran.
a. Kegiatan penelitian, kajian, evaluasi, deskripsi, atau penciptaan karya inovatif dan kreatif yang dilakukan oleh guru dan terbukti berhasil meningkatkan proses dan/atau hasil pembelajaran.
b. Upaya nyata guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui kegiatan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian proses dan hasil pembelajaran.
c. Berdasarkan pengalaman nyata yang telah dilakukan guru sesuai dengan bidang tugasnya dan terbukti berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran.
Kerangka Penulisan
1. Bagian awal
a. Halaman judul
1) Judul singkat, jelas, relevan dengan isi tulisan, dan diketik dengan huruf kapital.
2) Nama penulis.
3)Kedudukan guru yang menyatakan keberadaan guru pada satuan pendidikan SD/SLB/SMP/SMA/SMK dan mata pelajaran yang menjadi bidang tugasnya.
4) Tanggal penulisan.
b. Halaman pernyataan dan pengesahan kepala sekolah.
Lembaran ini memuat pernyataan dari guru peserta lomba, bahwa karyanya merupakan karya asli dan belum pernah diikutkan dalam lomba sejenis. Pernyataan ini ditandatangani oleh guru peserta lomba dan mendapat pengesahan atau persetujuan kepala sekolah dengan bukti tanda tangan, nama, NIP/NIGB/NIY (kalau ada) dan stempel sekolah.
c. Kata Pengantar
d. Daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, dan daftar lampiran bila ada
e. Abstraksi (ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris sebanyak 200 – 300 kata)
2. Bagian inti pembahasan
a. Pendahuluan
Pendahuluan berisi atau mengungkapkan antara lain hal-hal sebagai berikut :
1) Latar belakang
o Menggambarkan bahwa topik atau fakta yang dikemukakan merupakan permasalahan nyata di kelasnya.
o Menggambarkan bahwa fokus atau substansi utama karya lomba mampu mengatasi permasalahan pembelajaran dan meningkatkan hasilnya di kelasnya
2) Rumusan masalah yang menggambarkan ruang lingkup atau pembatasan kegiatan pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan topik atau fokus permasalahan.
3) Tujuan dan manfaat dari fokus atau substansi utama karya lomba. Rumuskan secara rinci tujuan (umum dan khusus), dan manfaat dari karya lomba bagi peserta didik, sesama guru, sekolah, dan KKG/MGMP.
b. Kajian teori atau tinjauan pustaka.
Berisi definisi konsep, definisi operasional dan/atau kajian teoritis yang mendasari fokus atau substansi karya lomba. Cara mengutip dan tata tulis referensi atau daftar pustaka menggunakan aturan yang lazim dipakai dalam penulisan karya tulis ilmiah.
c. Langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran, sehingga melahirkan hasil terbaik, yang dibuktikan dengan mutu hasil belajar atau perubahan yang signifikan dari perilaku siswa.
Dalam pembahasan dikemukakan tentang pengalaman nyata guru yang terbukti berhasil memecahkan permasalahan di kelasnya, dan meningkatkan kualitas pembelajaran,.
1) Bila fokus atau substansi lomba berupa pembuatan alat/karya kreatif dan inovatif, langkah-langkah yang harus dilaporkan adalah sbb:
a) Rancangan alat
b) Proses pembuatan alat
c) Pembuatan manual/pedoman penggunaan alat
d) Prosedur penggunaan alat dalam pembelajaran
e) Hasil yang diperoleh
f) Evaluasi kebermanfaatan alat
2) Bila fokus dan substansi lomba berupa penerapan metodologi pembelajaran maka langkah-langkah yang harus dilaporkan adalah sbb:
a) Merancang pembelajaran; termasuk penyusunan silabus, RPP, dan skenario pembelajaran
b) Pelaksanaan pembelajaran dengan metode yang dirancang termasuk instrumen atau alat bantu yang digunakan.
c) Hasil yang diperoleh
d) Evaluasi keberhasilan pembelajaran.
Simpulan dan saran-saran
1) Simpulan utama sesuai dengan fokus atau substansi lomba.
2) Saran-saran yang ditujukan baik kepada teman sejawat, pengelola satuan pendidikan atau berbagai pihak lain yang relevan.
3. Bagian Akhir
a. Daftar pustaka
b. Lampiran data-data yang diperlukan untuk menunjang kebenaran laporan kegiatan, misalnya: data
c. Lampiran biodata peserta yang disahkan oleh kepala sekolah (lihat contoh Lampiran 2).
1) Simpulan utama sesuai dengan fokus atau substansi lomba.
2) Saran-saran yang ditujukan baik kepada teman sejawat, pengelola satuan pendidikan atau berbagai pihak lain yang relevan.
3. Bagian Akhir
a. Daftar pustaka
b. Lampiran data-data yang diperlukan untuk menunjang kebenaran laporan kegiatan, misalnya: data
c. Lampiran biodata peserta yang disahkan oleh kepala sekolah (lihat contoh Lampiran 2).
*)Lampiran 1
CONTOH KERANGKA PENULISAN
Halaman Judul
Halaman Pengesahan
Kata Pengantar
Abstrak (200- 300 kata)
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan
A. Latar Belakang
B. Ruang Lingkup
C. Tujuan
D. Sajian Definisi (apabila ada)
Bab II Langkah-Langkah Pelaksanaan
A. Rancangan alat/skenario pembelajaran
B. Penerapan alat/metodologi dalam pembelajran
C. Instrumen atau alat pengumpulan data
D. Validasi instrumen atau prosedur pembelajaran
E. Teknik analisis data
Bab III Laporan Hasil
A. Deskripsi hasil pembelajaran
B. Analisis hasil pembelajaran
Bab IV Kesimpulan dan Saran
A. Kesimpulan
B. Saran
Daftar Pustaka
A. Latar Belakang
B. Ruang Lingkup
C. Tujuan
D. Sajian Definisi (apabila ada)
Bab II Langkah-Langkah Pelaksanaan
A. Rancangan alat/skenario pembelajaran
B. Penerapan alat/metodologi dalam pembelajran
C. Instrumen atau alat pengumpulan data
D. Validasi instrumen atau prosedur pembelajaran
E. Teknik analisis data
Bab III Laporan Hasil
A. Deskripsi hasil pembelajaran
B. Analisis hasil pembelajaran
Bab IV Kesimpulan dan Saran
A. Kesimpulan
B. Saran
Daftar Pustaka
Lampiran
1. Data/informasi yang relevan
2. Biodata
1. Data/informasi yang relevan
2. Biodata
BIODATA PESERTA
LOMBA KEBERHASILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN
TINGKAT NASIONAL TAHUN 2011
2. NIP/NIGB/NIY *) : ......................................................................
3. NUPTK : ......................................................................
4. Jabatan : ......................................................................
5. Pangkat/gol. Ruang : ......................................................................
6. Tempat dan tanggal lahir : ...............................................................
7. Jenis kelamin : ......................................................................
8. Agama : ......................................................................
9 Mata Pelajaran yang diajarkan : .......................................................
10. Masa kerja guru **) : ..............................Tahun
11. Judul karya tulis ilmiah : ..................................................................
12. Pendidikan terakhir : ....................................................................
13. Fakultas/jurusan ***) : .................................................................
14. Status perkawinan : Kawin/belum kawin ****)
15. Sekolah : a. Nama sekolah
b. Jalan
c. Kelurahan/Desa
d. Kecamatan
e. Kabupaten
f. Propinsi
g. Telepon
16. Alamat rumah : a. Jalan
b. Kelurahan/Desa
c. Kecamatan
d. Kabupaten
e. Propinsi
f. Telepon
17. Kegiatan peningkatan profesional guru yang diikuti *****) : .............
18. Kegiatan Lomba Guru yang pernah diikuti : Berapa kali dan juara ke berapa ……
Mengetahui :
Kepala Sekolah Peserta Lomba
………………………. ………………………
NIP. NIP.
*) Dapat ditulis bagi yang memiliki
**) SK CPNS/Surat Keterangan menjadi guru dari yayasan
***) Kalau ada
****) Coret salah satu
*****) Dapat ditulis di kertas tersendiri
*****) Dapat ditulis di kertas tersendiri
7 komentar:
Wah, bagus sekali kegiatannya.. Semoga pekalongan ada yang maju. Saya????
(Hehe.. Ngimpi!!)
hadiahnya sangat menggiurkan ... semoga banyak guru yang berminat untuk mengikutinya ....
Ass. wr. wb..Salam kenal...Terima kasih bu.. saya sudah lama mencari tahun 2010 ga ketemu yang saya cari... sekarang baru ketemu..
Konsultasi tentang :
1. Perbedaan penulisan laporan (karya ilmiah) antara lomba keberhasilan guru dalam pembelajaran tingkat nasional tahun 2011 dan lomba Best Practice guru/pengawas ?
2. Perbedaan / kriteria dari penulisan laporan :
a. PTK
b. PTS
c. Best Practice
Terima kasih dan mohon maaf
@Chinta hanafi ;
1. Prinsipnya tidak ada perbedaan, yg membedakan adalah penyelenggara kegiatan BPSDMP&PMP dg Dirjen Dikmen, ke2nya sama2 di bawah Kemendiknas.
2. a. PTK : dilakukan oleh guru di kelasnya dlm proses pembelajaran pada 1 atau 2 KD dg metode tertentu
b. PTS: dilakukan oleh Kepala sekolah atau pengawas sekolah tentang model atau hal2 yg diterapkan yg menyangkut dg penerapan kompetensinya (manjerial, supervisi, kewirausahaan) yg diimplementasikan di satuan pendidikan.
c. Best Practice : hal2 pengalaman terbaik yg telah dilakukan guru/KS/PS sesuai dg tupoksinya,yg memiliki dampak peningkatan kualitas.
Wah, mantap...Alhamdulillah sy juga berpartisipasi ikut...Klo Ibu Gimana ? Ikut ga ?
@Sriudin: wah sy gak bisa ikut pak krn sy sdh tdk mengajar di sekolah lagi....
Posting Komentar