Minggu, 23 Januari 2011

My Polling ..........


Tahun lalu (2010) saya buat 'polling' di blog ini dengan pertanyaan  " Apakah Guru yang sudah bersertifikat pendidik adalah guru yang profesional?". Dengan empat  pilihan yang tersedia. Hal ini saya tampilkan, karena didasari rasa tanggung jawab saya dalam pembinaan dan pengembangan para pendidik di wilayah kita, juga untuk  penilaian masyarakat khususnya para pengunjung blog ini terhadap kinerja guru yang telah bersertifikasi.
           Polling dengan pertanyaan di atas kami sediakan empat jawaban dan memungkinkan pengunjung memilih jawaban lebih dari satu. Berikut hasil polling tersebut :
Pertanyaan   : " Apakah Guru yang sudah bersertifikat pendidik adalah guru yang profesional?"
Plihan jawaban : 1) Pasti,  2)Ada Sebagian, 3) Belum Tentu, 4) Tidak ada Bedanya dg yg belum bersertifikasi
Hasil Polling :
      - Jumlah pengunjung yang berpartisipasi    = 110
      - Yang memilih jawaban : 1) Pasti = 8 (7%)
                                             2) Ada Sebagian = 23 (20%)
                                             3) Belum tentu = 68 (61%)
                                             4) Tidak ada bedanya.... = 17 (15%)
Dari hasil itu tampk penilaian terhadap sertifikasi belum memuaskan, karena 61 % masih meragukan tentang profesionalitas guru bersertifikat dengan memilih jawaban'belum tentu'. Tapi yang melegakan masih ada yang optimis karena 20% menyatakan ada sebagian dan yang yakin hanya 7%. Kita masih harus terus meyakinkan para guru bersertifikat untuk menunjukkan profesionalitasnya karena masih 15% yang menilai tidak ada bedanya dengan yang belum bersertifikat.
         Semoga polling ini ada manfaatnya bagi semua pihak yang terkait untuk terus meningkatkan kinerjanya....


2 komentar:

mujibelrahman mengatakan...

Ada sebagian guru besrsertifikasi menjadi guru profesional..Sepengamatan saya, sebagian kekurangan mereka, metode mengajar masih sama berupa lebih banyak metode ceramah dalam KBM.

Masruroh mengatakan...

@Mujib: betul pak, karena itu salah satu indikator dalam pemberdayaan kelompok kerja atau CPD/PKB , adalah jumlah guru yg menggunakan variasi pembelajaran meningkat.