Selasa, 16 Maret 2010

PELATIHAN MANAJEMEN PROYEK BERMUTU

PELATIHAN MANAJEMEN PROYEK DAN MANAJEMEN KEUANGAN
PROGRAM BERMUTU TAHUN 2010

    Pada tanggal 8 - 10 Maret 2010 yang lalu bertempat di garden Permata  Hotel Bandung telah diselenggarakan pelatihan Manajemen Proyek dan Manajemen Keuangan bagi para  pengelola program Bermutu untuk Regional 2 ( 4 provinsi : Jabar, Jateng , Jatim dan NTB ) yang terdiri dari LPMP 4 provinsi dan Kabupaten/Kota mitra yang masing-masing diwakili 3 utusan terdiri dari Penanggung jawab, Bendahara dan Koordinator Pengawas. Kabupaten Pekalongan diwakili oleh Kabid PPTK (saya), Kusbiyanto (staf PPTK) dan Narimo, SPd (Pengawas SMP).
     Dalam pertemuan ini para peserta difasilitasi untuk :
1. Membahas capaian dan berbagai keklurangan dan permasalahan yang telah dihadapi oleh semua pihak dalam implementasi Program Bermutu selama tahun 2009.
2. Mempelajari berbagai kebijakan, strategi serta isi kegiatan yang akan diselenggarakan pada tahun 2010.
3. Menyusun rancangan teknis yang meliputi jadwal dan pengalokasian sumber daya serta metoda penyelenggaraan berbagai kegiatan Program Bermutu  tahun 2010.
        Selain itu dari berbagai nara sumber, para pejabat tingkat pusat seperti : Setditjen PMPTK Kemendiknas, Biro perencanaan dan KLN setjen kemendiknas, Biro keuangan, BPKP DJKI, Direktur Profesi Ditjen PMPTK, Direktur Tendik Ditjen PMPTK, PSP Balitbang, Puslitjaknov Balitbang, Puspendik Balitbang, BAN PT, Direktur Ketenagaan Ditjen Dikti, Pustekkom, dan UT, banyak diperoleh informasi terbaru tentang berbagai kebijakan nasional dalam rangka peningkatan mutu pendidikan khususnya melalui peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan.

    Ada beberapa catatan penting yang bisa saya catat disini:
Kalau dulu kita kenal ada 3 pilar dalam program depdiknas (Akses, Mutu dan Tata Kelola) sekarang Kemendiknas punya 5 Pilar : Availability (Ketersediaan), Affordability (Keterjangkauan), Quality (Peningkatan Kualitas), Equity (Kesetaraan) dan Assurance (Penjaminan Mutu).
  Selain itu dalam program Bermutu tahun 2010 nanti diupayakan semua kelompok kerja di Kabupaten /Kota mitra akan mendapatkan DBL( Dana Bantuan Langsung) dan melaksanakan semua program yang telah dilakukan pada tahun 2009 oleh beberapa kelompok yang telah memperoleh DBL. Karena itu kami dengan LPMP Jateng selaku PCT program Bermutu Jawa Tengah telah menyepakati kuota  baru kita untuk tahun 2010 yaitu 45 KKG baru dan 11 KKKS baru untuk 11 kecamatan dan 20 MGMP mapel UN. Sehingga semua guru kelas SD dan Guru mapel UN SMP pada tahun 2010 ini harus terlibat dalam peningkatan kompetensi melalui program Bermutu.
Untuk itu kami perintahkan kepada semua Kepala UPT Pendidikan untuk segera merestrukturisasi KKKS dan KKG dan segera menyiapkan proposal untuk pengajuan DBL Bermutu tahun 2010. Dan juga kepada forum MGMP Mapel UN (B Ind, B Ing, Mat dan IPA) segera memfasilitasi 8 gugusnya untuk menyusun proposal DBL. Tanggal 15 Maret ini proposal diserahkan ke LPMP Jawa Tengah.

Selamat Mengembangkan kompetensi Guru.....

Materi laporan LPMP Jateng bisa diklik di SINI.
Laporan DCT Kabupaten Pekalongan klik di SINI.

Tidak ada komentar: