Jumat, 26 Februari 2010

WORKSHOP KEPEMIMPINAN KEPALA SMP, SMA DAN SMK

PEMBEKALAN KEPALA SEKOLAH

      Dalam rangka memberikan pembekalan ketrampilan, pengetahuan dan peningkatan kompetensi yang dibutuhkan kepala sekolah  dalam menjalankan tugas, peran dan kewajibannya baru-baru ini telah dilaksanakan  Workshop Kepemimpinan yang diselenggarakan selama 2 hari oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan pada Senin-Selasa, 15-16 Pebruari 2010 di Aula Dinas Pendidikan Jl. Sumbing No 3 Kajen diikuti oleh 22 orang Kepala SMP, 6 Kepala SMA dan 3 Kepala SMK Negeri. Mereka adalah para Kepala Sekolah yang dilantik pada tahun 2008 dan 2009. 
     Workshop dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan  Drs. Sirhan sekaligus memberikan materi Kepemimpinan, selanjutnya Kabid PPTK  memberikan materi tentang peran Kepala Sekolah dalam upaya meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Sekolah yang ada baik Kasek, Guru maupun tenaga pendidikan lainnya.


Selanjutnya Plt Inspektur Bp Drs Bambang Tri Edi P, MM beserta Inspektur Pembantu Bp Drs Basori memberikan materi tentang Pengendalian Internal dan pengawasan yang dilakukan oleh Inspektorat Kabupaten Pekalongan. Beliau berharap agar Dinas Pendidikan mengagendakan khusus pembinaan seluruh Kepala Sekolah oleh Inspektorat guna bekal pelaksanaan tugas khususnya dalam mempertanggungjawabkan secara administrif semua pengelolaan  keuangan yang ada. Selanjutnya Kabid Dikmen Drs. H. Sumadi, M.Pd. menjelaskan tentang SNP (Standar Nasional Pendidikan) dan upaya yang harus dilakukan para Kepala Sekolah untuk mencapainya melalui program yang disusun masing-masing sekolah dengan melibatkan seluruh warga sekolah. Dan di sesi terakhir pada hari pertama Kasubag Keuangan Chepti, SE menguraikan pengelolaan keuangan dan pajak.
 Pada hari kedua Kabid Dikdas, Drs. Wanuryo menyampaikan tentang BSOP (Biaya Operasional Satuan Pendidikan) dan pengelolaan BOS, dilanjutkan oleh 3 orang pengawas Dikmen , Drs. Sutarman, Drs. Mas'ud MM dan Drs. Narimo menguraikan tentang Akreditasi Sekolah, Supervisi Manajerial dan Supervisi Akademik serta PKKS/ME (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah/Monitoring Evaluasi) beserta instrumennya yang menjadi bagian penilaian pada periodesasi tugas Kepala Sekolah.

Semoga dengan workshop Kepemimpinan kali ini dapat memberikan bekal dan peningkatan kompetensi para Kepala Sekolah yang berujung pada peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Pekalongan....Amin.
 
   

 

Pedoman Pelatihan Kepala Sekolah dapat diklik di sini.

Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah klik di SINI  dan SINI
Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah klik di SINI
Kompetensi Sosial Kepala Sekolah klik di SINI atau di SINI




2 komentar:

Darsono mengatakan...

Bisa dilanjut BU...
Yang specifik saja. misalnya tentang Akreditasi Sekolah dan Monitoring Evaluasi saja selama dua hari FUUUUULLL

Masruroh mengatakan...

Ok pak masukan yang baik, untuk masalah Akreditasi nanti kami sampaikan pd UPA atau Bidang Dikmen, untuk Monev dan PKKS akan kami usulkan pada Kadin.