Jumat, 05 Februari 2010

RAPAT KERJA DINAS PENDIDIKAN TH 2010

EVALUASI 2009 DAN INFORMASI PROGRAM 2010

      Dalam rangka memberikan informasi yang seluas-luasnya tentang program tahun 2010 kepada seluruh pemangku kepentingan, Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan kemarin Kamis, 4 Pebruari 2010 mengadakan Rapat Kerja  Dinas Pendidikan tahun 2010. Dalam laporannya Kepala Dinas Bapak Drs. Tri Panji Irianto, MM menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan menyampaikan evaluasi dan progress report kegiatan tahun 2009, menyampaikan rencana kegiatan tahun 2010, menyamakan persepsi semua stakeholders terkait program pendidikan, serta mendapatkan masukan agar pelaksanaan program tahun ini dapat lebih tepat guna. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 300 peserta terdiri dari SKPD terkait, Dewan Pendidikan, Kepala UPT pendidikan, Kepala SMA/SMK/SMP, perwakilan Kepala SD, Pengawas, penilik, dan penggiat PNFI.
       Wakil Bupati Pekalongan Bapak Ir. H. Wahyudi Ponco Nugroho, MT berkenan membacakan sambutan Bupati dan memberi pengarahan serta membuka acara ini. Dalam sambutan Bupati ada beberapa hal yang ditekankan bahwa Rapat Kerja ini sebagai bentuk keterbukaan, penyampaian informasi program dan komunikasi yang intensif baik dengan SKPD yang terkait, maupun sesuai jalur instruktif dan koordinatif. Bapak Wakil Bupati menambahkan beberapa poin sebagai berikut :
- Agar Dinas Pendidikan dan semua jajarannya berupaya meningkatkan pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif
- Perlunya semua jajaran pendidikan  memahami Sistem Hirarki Pemerintahan Daerah dalam sebuah bingkai, sehingga terjalin koordinasi yang baik, semua program bantuan dari pusat di semua satuan pendidikan dapat dilaksanakan dan dilaporkan.
- Peningkatan manajemen sarana dan prasarana yang terbatas dengan meraih manfaat yang optimal
- Perlunya mengembangkan manajemen sumber daya manusia demi peningkatan mutu pendidikan
- Pelaksanaan manajemen komunikasi yang sehat antar pemangku kepentingan

       Selanjutnya sebagai inti acara adalah pemaparan program berturut-turut dari Kepala Dinas, Sekretaris, Para Kabid (Dikdas, Dikmen, PNFI dan PPTK) dan RSBI (SMA 1 Kajen, SMK 1 Kedunguni, SMA 1 Kedungwuni dan SMP 1 Wiradesa). Sebagai moderator 2 pengawas Dikmen Drs Rissa Sumarstyanto, MPd dan Drs. H. Subhan, MPd. 
         Namun disayangkan karena terbatasnya waktu - karena acara harus diakhiri pukul 13.00, karena Aula akan digunakan untuk acara ESQ Setda- masing-masing pemapar hanya dibatasi waktu presentasi masing-masing 15 menit. Tentu saja dalam waktu sesingkat itu tidaklah mungkin dapat dengan detail menyampaikan progress repot 2009 dan rencana implementasi 2010. Namun secara detail para peserta Rapat Kerja ini dapat membaca buku materi yang dibagikan. dan acara ini diakhiri tanpa ada diskusi dan tanya jawab. Ya idealnya memang acara seperti dilakukan selama 3 hari sehingga banyak masukan yang diperoleh dari para peserta. Namun demikian setidaknya melalui buku materi rapat yang telah disusun secara detail oleh tiap-tiap bidang dan sekretariat serta Kepala RSBI dapat menjadi bahan bagi semua peserta yang hadir. semoga tujuan pelaksanaan kegiatan ini dapat tercapai...amien.

   

Tidak ada komentar: