Rabu, 12 Oktober 2011

Sosialisasi Data Pilah Gender, Perempuan dan Anak

        Pada Selasa, 11 Oktober 2011 lalu, BPPKB menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Data Pilah Gender , Perempuan dan Anak bertempat di Aula Kantor Kementrian Agama, Kajen. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan semua SKPD Pemerintah Kabupaten Pekalongan, Korlap PLKB, termasuk perwakilan Polres, BPS, Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri. Kegiatan ini adalah  tindak lanjut dari rapat koordinasi pengumpulan Data Pilah Gender yang telah dilakukan pada bulan April 2011.
          Tujuan dari pelaksanaan ini, sebagaimana disampaikan oleh Kasubid PP, Rahmawati, S.IP, selaku panitia, adalah untuk melaporkan Data Pilah Gender yang telah dikumpulkan SKPD, Menyampaikan kekurangan Data yang masuk, Hasil Analisis Gender dari Data Terpilah , Penyampaian latar belakang perlunya dilakukan Data Pilah oleh semua SKPD, dan Menerima masukan dari semua SKPD dalam rangka penyusunan laporan hasil Data Pilah Gender.
          Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Badan PPKB, Ibu Megawati, M.Pd. Penghargaan terhadap semua yang telah berkenan hadir dan membantu hingga Penyusunan Data Pilah Gender serta harapan kepada semua SKPD untuk melakukan dan mengupdate data yang dimiliki secara pilah gender dalam rangka penyediaan data yang valid yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan lebih lanjut yang responsif gender.
         Sebagai acara inti adalah penyampaian materi "Data Pilah Gender, Analisis Gender, dan SIGA" yang disampaikan oleh Kepala Bidang PPPA (Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak), Dra. Siti Masruroh, M.Si. Secara garis besar paraparan yang disampaikan adalah : apa yang dimaksud dengan Data Terpilah, mengapa Data pilah perlu dilakukan, Latar belakang , keterkaitan MDGs dengan IPM, IPM sebagai ukuran keberhasilan pencapaian Visi Bupati, IPG (GDI) dan IDG (GEM) terkait IPM, Jenis Data Terpilah, Statistik Gender, SIGA dan Analisis Data Pilah Gender Kabupaten Pekalongan, Beberapa rekomendasi kebijakan yang diambil SKPD terkait data pilah gender.
         Kegiatan yang dimoderatori oleh Kasubid PA, Dra. Rohani, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Dalam dua sesi ada 8 penanya yang juga banyak memberi masukan guna pelaksanaan Data Pilah khususnya dan PUG (Pengarusutamaan Gender) yang secara umum menjadi bidang tugas BPPKB.



3 komentar:

M Mursyid PW mengatakan...

Lama gak mampir ke sini.
Blognya makin mantab saja, Bu.
Salut...!

Masruroh mengatakan...

@Mursyid; Ah biasa saja Pak, tetap istiqomah berbagi pengalaman.... banyak pengalaman yang menjadi pelajaran baru buat saya.

Anggie mengatakan...

Makasih info-infonya, Bu.... Sila mampir blog saya ^___^