Kamis, 02 Juni 2011

TOEFL like Test , TOEFL iBT & TOEIC

      Pada tanggal 31 Mei dan 1 Juni 2011 kemarin kebetulan saya ada kegiatan di Jogja sekaligus mengantarkan anak saya registrasi di UGM. Kebetulan dua hari itu juga adalah jadwal pelaksanaan 'SNMPTN Tertulis'. Jadi jogja sangat padat sekali dan hampir semua hotel dan penginapan full booked karena banyak orang tua dari luar kota mengantar anak mereka. 
      Bagi calon mahasiswa yang diterima pada jalur 'SNMPTN Undangan' memiliki jadwal kegiatan pada hari pertama untuk registrasi dan pengukuran jaket dan hari kedua untuk mengerjakan Toefl like test.
Mengingat tes  Toefl ini saya jadi berminat untuk mengutip satu artikel dan informasi tentang hal ini yang saya kutip dari https://kursusinggris.wordpress.com/2010/10/21/info-lengkap-tentang-itp-toefl/ , yang mungkin bermanfaat bagi teman-teman, sebagai berikut :

Institusional Testing Program (ITP) - TOEFL

TOEFL® ITP (Program Ujian Institusional) berbeda dengan program ujian TOEFL®(Test of English as a Foreign Language)  lainnya karena program ini memberikan kesempatan kepada perguruan tinggi / institusi lainnya untuk menjalankan sendiri ujian TOEFL®  tertulis bentuk lama dan dapat menggunakan fasilitas dan staf yang mereka miliki.
       Berhubung ujian ITP telah dijalankan sebelumnya, Educational Testing Services (ETS) tidak dapat menjamin bahwa program ini sepenuhnya aman.  Oleh karena itu, nilai ITP tidak boleh dipakai untuk syarat penerimaan di perguruan tinggi atau  universitas atau untuk keperluan lain yang berisiko tinggi. Ujian ini hanya digunakan sebagai suatu alat untuk mengukur keahlian berbahasa Inggris seseorang yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris.
       Pada saat ini lebih dari 1200 sekolah, perguruan tinggi, dan badan-badan swasta di seluruh dunia turut serta dalam Institutional Testing Program (ITP).  IIEF adalah perwakilan ETS di Indonesia yang mengelola ITP bagi lebih dari 70 institusi di Indonesia.
       ITP menawarkan dua ujian, yaitu TOEFL® ITP umum dan ujian pra– TOEFL.  Ujian TOEFL® ITP menilai pengetahuan bahasa Inggris di tingkat menengah dan lanjut, sedangkan pra-TOEFL mengukur keterampilan bahasa yang sama seperti ujian TOEFL®, tetapi dengan tingkat kesulitan yang lebih rendah dan dengan waktu ujian yang lebih singkat.

Penggunaan Nilai ITP
       Ujian ITP dirancang agar dapat menjadi ukuran keahlian seseorang dalam berbahasa Inggris, bukan menilai kecerdasan  akademis.  Penggunaan nilai ITP untuk memperkirakan kinerja kecerdasan akademis seseorang tidak dianjurkan.
       Setiap institusi yang mensyaratkan nilai  TOEFL® harus memutuskan sendiri  berapa nilainya atau batas nilai berapa yang  dapat diterima. Persyaratan ini berbeda antara satu institusi dan institusi lainnya.
ETS maupun IIEF tidak akan memberikan informasi dalam bentuk apa pun yang mungkin akan mengidentifikasikannya dengan suatu  institusi, badan, atau organisasi tanpa mendapat izin tertulis dari institusi atau badan tersebut.

Untuk Apakah TOEFL® ITP?
       Nilai TOEFL® ITP tidak boleh digunakan sebagai persyaratan penerimaan di perguruan tinggi atau universitas atau untuk hal hal yang berisiko tinggi. Nilai ini juga tidak diterima untuk penggunaan yang berskala International. Pengecualian dapat diberlakukan sehingga nilai TOEFL® ITP dapat diterima untuk keperluan persyaratan ujian kemampuan bahasa Inggris untuk penerimaaan siswa di sekolah-sekolah yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Namun demikian, ujian ini dianggap layak untuk tujuan berikut.
  • Prediksi: Untuk memprediksi keberhasilan seorang peserta ujian TOEFL® Internasional.
  • Penilaian: Menentukan tingkat kemampuan berbahasa Inggris pada awal dan akhir sebuah program pendidikan.
  • Pelatihan: Membiasakan siswa atau peserta  ujian dengan bentuk ujian  pilihan ganda.
  • Penempatan: Menempatkan seseorang di kursus bahasa Inggris pada tingkat yang sesuai dengan kemampuannya.
  • Penyaringan: Memilih calon untuk belajar ke luar negeri, atau untuk mereka yang melamar suatu posisi pekerjaan, atau untuk mendapatkan beasiswa.
  • Penentuan tingkat keahlian bahasa Inggris seseorang.
  • Pemakai TOEFL® ITP
Institusi yang telah mengambil manfaat dari penggunaan ITP adalah sebagai berikut: Lembaga Konsultasi Pendidikan, Institusi Bahasa Inggris, Universitas dan sekolah, Bank, Badan Pemerintah, Perusahaan Swasta

TEST CONTENT PBT for ITP-TOEFL®

Section Time Limit No. Questions
Listening Comprehension 30-40 minutes 50
Structure and Written Expression 25 minutes 40
Reading Comprehension 55 minutes 50
Contoh soal PBT (ITP): SAMPLE QUESTIONS OF ITP

Catatan: contoh soal tidak bisa dijadikan sebagai acuan akan soal TOEFL yang akan dihadapi peserta. Peserta tidak akan memperoleh soal test yang sama setiap kali melakukan test.
Source: www. iief.or.id/testing
 
Ada lagi informasi tentang TOEFL iBT™, yang berbeda dengan TOEFL® ITP di atas, berikut apabila akan digunakan di sekolah/perguruan tinggi luar negeri, yang saya dapat dari http://www.itc-indonesia.com :

Tes TOEFL iBT™, yang dilaksanakan berbasis internet, adalah tahap penting dari persiapan Anda untuk melanjutkan pendidikan di negara yang menggunakan bahasa Inggris. Selain untuk tes, juga tersedia alat dan panduan untuk membantu Anda mempersiapkan tes dan meningkatkan kemampuan Anda berbahasa Inggris.


Tes TOEFL® (Test of English as a Foreign Language™) adalah tes bahasa Inggris yang paling diperhitungkan di dunia, diakui oleh lebih dari 7.500 sekolah, universitas dan lembaga di lebih dari 130 negara. Di mana pun Anda ingin melanjutkan pendidikan, tes TOEFL dapat membantu Anda mencapai tujuan anda.


   Manfaat tes TOEFL iBT™
TOEFL iBT menekankan pada kemampuan berbahasa Inggris yang terintegrasi dan dapat memberikan informasi yang lebih baik kepada institusi tentang kemampuan siswa untuk berkomunikasi dalam proses belajar mengajar dan kesiapan mereka untuk mengikuti program pendidikan. Dengan berbasis internet, TOEFL iBT dapat merekam  pembicaraan dan menilainya sesuai standar. Pendaftaran dan laporan skor secara memudahkan bagi siswa untuk mendaftar tes TOEFL iBT dan menerima skor tes mereka. 

Siapa yang menggunakan skor TOEFL iBT™ ?
  • Siswa yang berencana melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
  • Untuk penerimaan dan kelulusan pada program bahasa Inggris
  • Beasiswa dan sertifikasi kandidat dalam bidang apapun
  • Mereka yang ingin belajar bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuannya
  • Mahasiswa dan pekerja yang mengajukan permohonan visa 
    Organisasi lain yang juga bisa menggunakan skor TOEFL iBT™ :
  • Departemen Imigrasi untuk mengeluarkan visa tinggal dan bekerja
  • Medis dan lembaga lisensi menggunakannya untuk tujuan sertifikasi profesional
  • Individu untuk mengukur kemajuan mereka dalam belajar bahasa Inggris
    Tes TOEFL iBT™ menekankan keterampilan yang terintegrasi dan mengukur empat keterampilan bahasa, termasuk berbicara. Soal yang terdapat  dalam merupakan soal yang otentik dan bahasa yang digunakan sesuai dengan yang digunakan sehari-hari dalam lingkungan pendidikan

    Terdiri dari 4 bagian, yaitu:
  • Reading untuk mengukur kemampuan membaca dalam bahasa Inggris di dunia akademik
  • Listening mengukur kemampuan mendengar Bahasa Inggris yang digunakan  di seluruh aspek di akademi dan perguruan tinggi
  • Speaking mengukur kemampuan untuk berbicara dalam bahasa Inggris
  • Writing mengukur kemampuan untuk menulis dalam bahasa Inggris sesuai kebutuhan di akademi dan perguruan tinggi

Isi soal TOEFL iBT didasarkan pada sebuah "corpus," atau database, dari bahasa lisan dan tulisan yang saat ini terdiri lebih dari 2.700.000 kata, dikumpulkan dari lembaga-lembaga pendidikan di seluruh Amerika Serikat.

Bahasa yang digunakan dalam database dikumpulkan dari:
  • Kuliah dan interaksi dalam kelas
  • Laboratorium
  • Pembicaraan yang dilakukan selama jam kerja dalam lingkungan akademik
  • Kelompok diskusi
  • Interaksi layanan yang dilakukan sehari-hari (misalnya di toko buku atau ruang  pendaftaran)
  • Untuk bahasa yang tertulis dalam soal dikumpulkan dari berbagai sumber, seperti buku pelajaran dan materi kuliah
  • Teks dalam Listening dan Reading sesuai dengan karakteristik bahasa yang ada dalam database

    Bagi anda yang akan berminat atau membutuhkan untuk keperluan melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri dan harus menunjukkan hasil TOEFL iBT dapat melakukan tes berikut:

    • Pendaftaran secara langsung dibuka 24 jam, 7 hari dalam seminggu melalui situs ETS (www.ets.org)
    • Silakan untuk log in atau sign up ke TOEFL iBT account.  Harap diperhatikan, penulisan nama harus sama persis dengan yang tercantum di paspor atau kartu identitas yang berlaku yang akan dibawa pada saat tes. Setelah peserta log in, pilih "Register for a test/ Order Score Reports" di My Home Page. Anda dapat memilih lokasi tes sesuai dengan ketersediaan tempat. Untuk panduan lengkapnya, dapat diunduh disini: TOEFL iBT Online Registration Guidance (PDF)
    • Pembayaran dapat dilakukan dengan kartu debit/kartu kredit: American Express®, Discover®, JCB®, MasterCard® atau VISA®. Cara Pembayaran dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan
    • Pembayaran juga dapat dilakukan tunai dengan menggunakan voucher, untuk informasi lebih detail, dapat dilihat disini: TOEFL iBT Voucher (JPEG)
      Dapatkan voucher TOEFL iBT™ resmi untuk memudahkan pendaftaran dan Anda akan mendapat panduan langsung pendaftaran dari staf ITC, hubungi kami di: +6221 5711943.
    • Pendaftaran ditutup 7 hari sebelum hari pelaksanaan tes
    • Keterlambatan pendaftaran ditutup 3 hari sebelum hari tes (tidak termasuk tanggal tes) dan akan dikenakan tambahan biaya yaitu US$35
    • Untuk informasi lebih lanjut, silahkan unduh disini: TOEFL iBT™ Bulletin(PDF) atau TOEFL iBT Summary (PDF)
    • Panduan persiapan tes dapat diunduh disini: What to Expect on the Test Day(PDF)
     
    Jakarta:
     – PT. International Test Center (ITC)
        STN11144A (Cubicle Type Setting dengan PC)
        STN11144B & STN13773A (Classroom Type setting dengan Notebook)
        Plaza Sentral lantai 15,
        Jl. Jenderal Sudirman Kav. 47
        Jakarta 12930
        Indonesia
        Telepon: +6221 5711943
        Fax: +6221 5711944

     – PT. International Test Center (ITC)
        STN13325A (Cubicle Type Setting dengan PC)
        Rukan Mangga Dua Square Blok F21
        Jl. Gunung Sahari Raya No. 1
        Jakarta 14430
        Indonesia
        Telepon: +6221 62318464
        Fax: +6221 62318465

    Malang:
     – STN13320A
        Gedung INBIS lantai 3, Universitas Brawijaya,
        Jl. Veteran 10
        Malang - Jawa Timur
        Indonesia
        Phone: +62341 7291122
  • Informasi lain yang sejenis adalah TOEIC®(Test of Englis for International Communication). Siswa-siswa kita di SMK mengikuti tes ini untuk  memenuhi salah satu syarat seleksi di perusahaan-perusaan internasional atau nasional. Dan model soal UN Bahasa Inggris pada bagian Listening  SMA/SMK juga menggunakan sejenis soal ini.  Berikut penjelasannya:

  • TOEIC® mengukur secara objektif dan akurat mengenai kemampuan berkomunikasi seseorang dalam bahasa Inggris. Tes ini dirancang berdasarkan kondisi sehari-hari yang dijalani setiap orang. Sehingga tes ini  sangat mudah dipahami dan dirasakan langsung manfaatnya karena berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari yang dialami setiap orang di lingkungannya. 
    Lebih dari 30 tahun, tes TOEIC Listening and Reading menjadi standar untuk pengukuran keahlian mendengarkan dan membaca dalam bahasa Inggris yang dibutuhkan individu yang sedang belajar atau bekerja di lingkungan internasional.
  • Keahlian mendengarkan sangat penting untuk komunikasi dengan bertatap muka, rapat, konferensi melalui video dan percakapan melalui telepon.
  • Keahlian membaca dibutuhkan untuk email, laporan, newletter dan dokumen lainnya yang dibutuhkan dalam korespondensi dunia bisnis.

TOEIC® Listening and Reading mengukur  seberapa baik seseorang memahami bahasa Inggris yang didengar atau dibaca di tempat bekerja.
 
TOEIC® Listening and Reading merupakan pilihan lebih dari  6 juta peserta tes dalam setahun dan diakui oleh 10 ribu perusahaan dan lembaga pendidikan lebih dari 30 tahun.


Sebagai alat ukur yang jujur dan objektif untuk kemampuan bahasa Inggris,  TOEIC® Listening and Reading dapat digunakan untuk kebutuhan:
  • Siswa, untuk mengetahui tingkat kemajuan mereka dan standar untuk menjadi warga dunia yang produktif
  • Pencari kerja, untuk bergabung dalam dunia kerja atau mencarai posisi baru
  • Pekerja, untuk keperluan promosi, penempatan, penugasan ke luar negeri

Ketika TOEIC® Listening and Reading  diambil  bersama dengan TOEIC® Speaking and Writing, maka  skor TOEIC®  akan memberikan informasi  mengenai tingkat kemahiran bahasa Inggris secara keseluruhan yang terdiri dari empat keterampilan (mendengarkan, membaca, berbicara dan menulis).
Soal yang diujikan berbentuk pilihan berganda, berisi 200 pertanyaan yang dibagi dalam dua bagian:

Bagian I: Listening Comprehension
Bagian ini bertujuan menguji kemampuan seseorang dalam memahami percakapan dalam bahasa Inggris. Terdiri dari 100 soal dan terbagi menjadi 4 bagian yaitu penyataaan dalam bentuk gambar (photographs), dan pertanyaan (question and responses), percakapan singkat (conversations) dan dialog singkat (short talks) yang diperdengarkan melalui kaset atau CD. Bagian ini membutuhkan waktu 45 menit

Bagian II: Reading Comprehension
Bagian ini terdiri dari tiga sesi yang menguji kemampuan seseorang dalam memahami wacana dalam bahasa Inggris. Peserta tes diberikan kebebasan untuk mengatur sendiri waktu pengerjaan test yang terdiri dari 100 soal yang terdiri dari mengisi bagian dari kalimat yang belum lengkap (incomplete sentences), mengganti kata yang salah (error recognitions) dan   menjawab pertanyaan dari soal cerita (reading comprehensions). Waktu yang dibutuhkan adalah 75 menit.

Tes TOEIC diadakan setiap hari Senin s/d Jumat. Mengenai informasi jadwal test selengkapnya, silakan klik disini

Reservasi:
- Dapat dilakukan melalui telepon pada hari kerja (Senin s/d Jumat) dari pukul 09.00 – 16.00 WIB, ke +6221 5711943
- Minimal reservasi dilakukan 3 hari kerja sebelum tanggal tes yang diinginkan
- Reservasi tidak dapat dikonfirmasi sebelum pembayaran diterima

Pendaftaran:
- Pembayaran mohon dilakukan selambatnya 2 hari sebelum tanggal tes
- Penjadwalan ulang tes harus dilakukan maksimal 1 hari sebelum tanggal tes dan hanya dapat dilakukan  1 kali dalam 1 bulan dengan dikenakan biaya tambahan sebesar USD 15,- atau IDR 150.000,-
- Biaya test tidak dapat dikembalikan apabila terjadi pembatalan tes yang dilakukan kurang dari 1 hari sebelum tanggal test
- Untuk pendaftaran diluar jadwal yang diberikan, dapat menghubungi ke +6221 5711943 ext. 200 (Divisi Test Administration)
  Cara Pembayaran: 
1. Secara tunai/ debit Mandiri/ kartu kredit ke alamat:

PT. International Test Center (ITC)
Plasa Sentral, lt. 15,
Jl. Jenderal Sudirman Kav. 47
Jakarta 12930


2. Secara transfer, melalui akun:

- Bank Mandiri (Cabang RS. Jakarta)
  (Rp) 122 -000-4260-181
  (US$) 122-000-432-8236
  
- Bank BCA (Cabang Mangga 2 Square)
  (Rp) 591.071.3797 

Atas Nama Akun: PT. International Test Center


*Mohon agar bukti pembayaran difax ke +6221 5711944 atau email ke testregistration@itc-indonesia.comAlamat e-mail ini diproteksi dari spambot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya dengan mencantumkan nama lengkap dan tanggal tes.

Lokasi Pelaksanaan Tes di Jawa Tengah:

Semarang

  • Centre for Language Training (CLT)
    Universitas Katolik Soegijapranata

    Jalan Pawiyatan Luhur IV/1,
    Bendan Duwur,
    Semarang 50234
    Telepon +6224 8441555

  • Universitas Negeri Semarang
    Kampus Sekaran,
    Gunung Pati,
    Semarang 50229
    Telepon +6224 8508003 

Solo

  • UP2B Universitas Sebelas Maret
    Jalan Ir. Sutami no. 36A,
    Kentingan,
    Surakarta 57126
    Telepon +62271 646994

14 komentar:

Anonim mengatakan...

assalamualaikum mom..
semoga saya bisa melewatinya,ibu menerapkan metode itu di stikap kan,,,?

Anonim mengatakan...

one question mam, how much is the price for TOEFL it is not stated. the fine is US$35. thanks.wish MGMP could hold that test some day.

Masruroh mengatakan...

For the price you can contact directly to the ITC or link I give

lailly mengatakan...

:)) nowaday, TOEFL is my favorite things to be talked about... terimakasih bu.... posting nya....


Urgently Required
Easy Speak, A fast-growing National English Language Consultant, is hunting for
English Tutors (English Teachers)
Qualifications:
1) Competent, Experienced, or Fresh Graduates
2) Proficient in English both spoken & written
3) Friendly, Communicative, & Creative
4) Available for being placed in one of the following cities:
a. Pekanbaru 0761-7641321/ 081 363 133 003 (Ms Lie)
b. Balikpapan 0542-737537
c. Batam 0778-460785
d. Palembang 0711-350788
e. Banjarmasin 0511-7069699
f. Makassar 0411-451510
g. Semarang 024-3562949
If you meet the qualifications above, please send your resume to: easyspeak.recruiting@gmail.com.
Or contact our branch offices mentioned above to confirm prior to sending your resume.
Deadline: June 31th, 2011.
Visit http://www.easyspeak.co.id for further information.
Make sure that you won’t miss this golden opportunity as the day after tomorrow might be too late for you to compete for this position

Anonim mengatakan...

Ibu, mau tanya, saya udah punya skor toefl resmi dr ITP new jersey, kalo itu bisa dipake d toefl-like ugm ntar g ?
Soalnya sayang kalo nggak kepake ..

Masruroh mengatakan...

@anonim : skor toefl resmi dr ITP new jersey dapat digunakan kalau anda akan melanjutkan pendidikan ke luar negeri, kalo toefl-like ugm sepertinya anda harus tetap mengikuti yg diselnggarakan oleh perguruan tinggi masing2 sekalian menguji ulang apakah masih memiliki skor yg baik tidak.

Anonim mengatakan...

Abror
TA.A

I slightly understand the contents of this article. I am interested in the content of this article.

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum ibu..saya pada tahun 2004/2005 sudah pernah melakukan tes TOEFL dan TOEIC,dan sekarang saya ingin melamar dosen menggunakan hasil tes tersebut.Apakah masih bisa berlaku hasil tes tersebut ibu?terimakasih

Masruroh mengatakan...

@anonim : Sepertinya kalau untuk lampiran melamar dosen, masih berlaku pak, untuk bukti kalau Bapak/Ibu pernah mengikuti tes itu dan memiliki kompetensi b ing yg baik. Kalau rekrutmen di perusahaan besar yg menggunakan tes wawancara tentunya hasil tes Toefl itu akan dibuktikan dg pertanyaan lesan dlm b ing atau bapk diminta menulis/menyampaikan ide dlm b ing

Hannie's Blog mengatakan...

tes toefl ini ada di semarang ga mba? trus biaya berapa mba? berapa minggu?
makaseh mba

Hannie's Blog mengatakan...

mba, tes toel ini ada di semarang ga? trus berapa minggu? biaya berapa?
makaseh mba

Masruroh mengatakan...

Hanie : di Semarang ada silakan hubungi FPBS- Jur B. Inggris UNNES dan UNIKA, baik unt biaya maupun pelatihan dll

kazuaenima mengatakan...

kalo di UNNES dan UNIKA udah skala internasional?
bisa dipake syarat beasiswa ke LN?

Anonim mengatakan...

no telp inbis malang saya udah coba, dan bukan itu..