Sabtu, 18 Desember 2010

Study Visit K3S Cilamaya Wetan Karawang ke Wiradesa

         Pagi kemarin Rabu, 15 Desember 2010 pukul 08.00 WIB, KKKS Wiradesa mendapat kehormatan berupa kunjungan atau Study Visit dari KKKS Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang provinsi Jawa Barat. Kabupaten Karawang adalah salah satu kabupaten mitra program Bermutu sama seperti Kabupaten Pekalongan. Study Visit adalah salah satu kegiatan dalam program Bermutu, yang diharapkan bisa sebagai ajang belajar dari kelompok lain untuk saling berbagi best practice yang dimiliki oleh kelompok kerja yang dikunjungi.
          Rombongan K3S Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang terdiri dari 45 orang yang diikuti pula oleh satu pengawasnya. Mereka disambut ucapan selamat datang dan memberi gambaran tentang Kabupaten Pekalongan dengan potensi pariwisatanyaoleh kepala UPT Pendidikan Kecamatan Wiradesa Bapak Siswoyo, SPd, kemudian saya selaku Kabid PPTK/pengelola program Bermutu kabupaten Pekalongan juga memberikan gambaran pelaksanaan program, dan dari Ketua KKKS Cilamaya mengucapkan terimakasih atas sambutan ini. Kemudian ditampilkan pembacaan puisi dari seorang siswa SLB Wiradesa, yang tunanetra, dia pernah mendapat penghargan sebagai juara 1 tingkat provinsi. Ternyata penampilan dari ananda 'Munalik'  ini mendapat sambutan yang luar biasa yaitu adat Karawang berupa "nyawer"...... semua anggota memberi uang saweran kepada siswa tersebut, hingga terkumpul lebih dari empat ratus ribu rupiah...... ya ternyata 'saweran' bagi orang Karawang adalah bentuk apresiasi atau penghargaan atas sebuah prestasi, termasuk tampilan anak kami saat membacakan puisinya.....
Pada kesempatan ini pula para tamu rombongan diberi cinderamata berupa tempat pensil dari perca batik sutera yang menjadi salah satu hasil kerajinan masyarakat Wiradesa.
         Setelah upacara penerimaan ditutup dengan doa, selanjutnya ketua KKKS wiradesa menyampaikan presentasi berupa Profile KKKS Wiradesa, dan acara dilanjutkan kunjungan di 2 ruang, berupa macam tagihan dari kegiatan in servis dan 4 pertemuan on servis, dan di satu ruang lainnya berupa presentasi dan bukti fisik kegiatan pembimbingan PTK/PTS bekerja sama dengan UNNES. Nampak para anggota KKKS Cilamaya wetan ini antusias sekali  dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan juga permohonan untuk mengkopi semua dokumen yang ada yang akan digunaklan sebagai laporan study visit juga bahan untuk ditindaklanjuti.
          Sebelum pulang tamu rombongan mendapat kesempatan untuk berkunjung ke kampung batik di Kemplong Wiradesa yaitu di tempat usaha bapak H. Failasuf, yang baru saja mendapat penghargaan sebagai 'Pemuda Pelopor' tingkat nasional. di sana rombongan KKKS ini dapat melihat secara langsung proses pembatikan dan juga berbelanja batik Pekalongan. Juga mencicipi makanan khas Pekalongan, yaitu 'sego megono'.
Semoga Study Visit ini bermanfaat............

Tidak ada komentar: