Senin, 18 Oktober 2010

Studi Dampak Bantuan Bermutu

      Seperti yang telah saya gambarkan pada tulisan "Supervisi dan Evaluasi kegiatan Bermutu 2009" pagi tadi Senin 18 Oktober 2010, telah hadir 2 orang petugas dari PUSPENDIK BALITBANG, yaitu Ibu Wahyu dan Ibu Nelly dan 1 orang dari PUSLIKJAKNOV BALITBANG, yaitu Ibu Retno. Mereka mendapat tugas untuk melakukan "Studi Dampak Bantuan Bermutu pada KKG/MGMP dan Sertifikasi Guru terhadap Kinerja Guru".  
   

      Perlu diketahui bahwa BALITBANG (Badan Penelitian dan Pengembangan) Kementerian Pendidikan Nasional yang membawahi PSP (Pusat Statistik Pendidikan), PUSPENDIK (Pusat Penilaina Pendidikan). PUSKUR(Pusat Kurikulum) dan PUSLITJAKNOV(Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan) memiliki tugas melakukan monitoring dan melakukan studi (penelitian) tentang dampak program Bermutu  juga program Sertifikasi Guru terhadap kinerja guru. 
      Pengumpulan data pada studi ini melalui tes kompetensi guru dan tes prestasi belajar siswa  yang dilakukan oleh Puspendik. Kabupaten Pekalongan sebagai salah satu mitra program Bermutu menjadi sasaran studi ini. Untuk itu ada 5 SMP dan 8 SD di Kabupaten Pekalongan yang menjadi sampel pada studi ini.  Lima SMP itu adalah SMP 1 Wiradesa, SMP 1 Kajen. SMP 1 Kedungwuni, SMP 2 Bojong dan SMP 4 Bojong. Dan 8 SD ada di 3 kecamatan , yaitu Kedungwuni (SD 6 Kedungwuni dan Podo 1), Bojong ( SD N Kemasan, Bojongminggir 01, Pantianom 01 dan Kalipancur 01)  dan Kajen (SDN Kajen 01 dan Kebonagung 01).
       Guna kelancaran pengumpulan data ini akan dibantu oleh 6 orang pengawas SMP dan 8 Pengawas SD. dan masing-masing sekolah akan menyiapkan satu kelas siswanya dari tiap level berikut para guru yang mengampu dan mengikuti kegiatan Bermutu di KKG/MGMP. Kegiatan ini akan dimulai besok hingga Sabtu.  Karena minggu ini bertepatan dengan pelaksanaan UTS, maka pelaksanaan tes studi ini selesai UTS., untuk itu kepala sekolah diminta memfasilitasi siswa dan guru yang akan mengikuti tes ini. Sasaran SMP adalah 3 kelas siswa dari kelas 7, 8 dan 9 berikut guru yang mengampu 4 mapel UN, masing-masing akan mengerjakan 4 tes mapel UN kecuali kelas 7 minus Bahasa  Inggris, dan khusus SMP 4 Kajen hanya mapel Matematika. Sedang untuk SD sasarannya adalah siswa kelas 2 sd 6, untuk sekali tes secara komprehensif berikut guru kelasnya.
     Tentu saja kita berharap bahwa hasil studi ini menunjukkan dampak yang positif dan dapat menjadi dasar pengambilan kebijakan pendidikan lebih lanjut yang akan diambil oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Karena itu kami memohon semua pihak yang terlibat (siswa, guru, KS dan PS) untuk dapat membantu kelancaran pelaksanaan tes ini.
       

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Terima kasih atas bantuan dan kerjasama ibu beserta seluruh staf dan rekan2 di Dindik kabupaten Pekalongan. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan berjalan lancar. Amien

Budiawansyah, S.Pd mengatakan...

Alhamdulillah saya selaku ketua MGMP IPA SMP Gugus 08 Kec. Alas kab. Sumbawa NTB sangat atausias dan mendukung program ini dan insyaallah saya besok tgl,20 oktober 2010 melakukan hal yang sama mudah-mudahan hasil akan menjadi dasar pijakan pemerintah untuk peningkatan Mutu pendidikan terutama melalui Program BERMUTU, dan trimakasih ibu siti Masruroh atas info awalnya semoga bermanfaat (Budiawansyah, S.Pd SMP Negeri 1 Alas Sumbawa NTB)

Masruroh mengatakan...

@ anonim:Terima kasih kembali Bu.... amin semoga bermanfaat
@ Budiawansyah : Terima kasih telah sudi berkunjung.... Selamat berjuang dalam mengajak teman2 guru to be a profesional one.

fuad mengatakan...

Yups...saya bangga dan sangat mendukung kegiatan MGMP BERMUTU di Kabupaten Pekalongan..Wow..ada perubahan yang luar biasa pada kinerja gueu...semoga bermanfaat dan berlanjut..Selamat!