Kamis, 28 Oktober 2010

PENANDATANGANAN MoU DBL FORUM


               Pada  hari Senin hingga Rabu , 25-27 Oktober 2010  ini LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan) Jawa Tengah selaku PCT  (Province Core Team) program BERMUTU (Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading) Provinsi Jawa Tengah mengundang para Ketua dan Bendahara Forum KKG/MGMP/KKKS/MKKS beserta satu orang pendamping Pengelola Bermutu dari sepuluh Kabupaten di Jawa Tengah yang terlibat dalam program ini, yaitu : Blora, Batang, Banjarnegara, Brebes, Banyumas, Wonogiri, Wonosobo, Grobogan, Pekalongan dan Jepara. Adapun jumlah forum di masing-masing Kabupaten disesuaikan dengan kondisi dan jumlah kelompok kerja yang ada. Acara ini dikemas dalam kegiatan “ Penyusunan Rencana Kerja dan Penandatanganan SPPB Program BERMUTU LPMP Jawa Tengah.

                Total di Jawa Tengah ada 85 Forum, sedang di Kabupaten Pekalongan ada 7, yaitu 2 Forum KKG, 2 Forum MGMP, 2 Forum KKKS dan 1 forum MKKS. Pada hari Rabu pagi kemarin Penandatanganan MoU telah dilakukan dan DBL(dana bantuan Langsung) akan ditransfer ke rekening masing-masing forum dengan jumlah yang telah ditentukan dan macam kegiatan yang harus dilakukan sebagaimana yang telah saya uraikan pada tulisan terdahulu.
                Dalam kegiatan ini peserta mendapat penjelasan tentang kegiatan apa yang harus dilakukan Forum dengan DBLnya, juga masing-masing wakil Kabupaten mendapatkan tugas untuk mendiskusikan dan mempresentasikan tentang instrumen atau hal-hal yang bisa dilakukan oleh kunjungan forum pada kelompok kerja agar dapat membantu mereka dalam menyiapkan  8 tagihan yang harus dipenuhi oleh masing-masing kelompok, kegiatan ini dipandu dan difasilitasi oleh Ibu Mimin Suminarsih (WI LPMP Jateng) pada hari pertama hingga jam 10.00 hari kedua.
                Pada pukul 10.00 hingga 12,00 diisi oleh Tim dari Jakarta, yaitu Bu Titie dari World Bank, Bu Dian dari Direktorat Profesi Pendidik Dirjen PMPTK  dan Antoni Konsultan dari World Bank. Mereka menyampaikan tentang Pengembangan Profesi Pen didik yang dikaitkan dengan program Induksi Pada Guru Pemula, PPKHB dan Permenpan RB no 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Dari penjelasan mereka tampak bahwa kegiatan Bermutu ini dilakukan juga dalam rangka mensupport program yang ada di Dirjen PMPTK Kemendiknas.
                Selanjutnya masih di hari kedua setelah istirahat siang Bp Slamet Trihartanto (WI LPMP Jateng) menyajikan tentang penulisan artikel ilmiah dan buletin yang akan menjadi produk dari forum. Kemudian  sore hingga sesi
                Sore dan malam harinya Bu Nugraheni dari Kasi Keuangan LPMP Jateng menjelaskan tentang SPJ Keuangan DBL Forum dan periapan dokumen SPPB/MoU. Paginya di hari ketiga atau terakhir para Ketua dan Bendahara Forum menerima dokumen nasing-masing dan penandatanganan dilakukan sambil menerima beberapa informasi beberapa kegiatan yang akan dilakukan oleh LPMP terkait program Bermutu seperti Jadwal Pelatihan Guru Pemandu tambahan, Pelatihan DCT, Lomba PTK dan jadwal pelaksanaan Supervisi dan evaluasi.
                Dari Tim Kabupaten Pekalongan sebanyak 15 orang ini  juga telah disepakati terkait langkah dan jadwal yang akan dilakukan oleh forum yang langsung akan bekerja karena buletin yang harus diterbitkan sebanyak 2 kali ini, salah satunya  akan diterbitkan pada tahun 2010 ini. Karena itu kami rencanakan pada akhir bulan Nopember nanti Buletin yang sepakat akan diterbitkan bersama-sama dengan nama PROFESIONAL. Mohon DOA RESTUNYA agar dapat terwujud dan terus dapat dilanggengkan keberadaannya dan dapat berfungsi sebagai wadah publiksi ilmiah bagi pendidik dan tenaga kependidikan di Kabupaten Pekalongan.

Tidak ada komentar: