Jumat, 05 Agustus 2011

LOMBA MENULIS NASIONAL UNTUK REMAJA 2011

Memudarnya nilai-nilai luhur dalam masyarakat kita semakin terlihat jelas akhir-akhir ini melalui berbagai aksi kekerasan, seperti tawuran pelajar dan tawuran antar warga serta aksi teror atas nama agama. Kebencian terhadap kelompok yang berbeda dan penggunaan aksi kekerasan sebagai solusi dalam mengatasi masalah semakin sering diperlihatkan. 
Nilai-nilai luhur bangsa Indonesia yang selama ini terangkum dalam Pancasila yang sebetulnya juga bersumber dari nilai-nilai agama yang tumbuh di Indonesia, mulai banyak ditinggalkan.  Nilai musyawarah untuk mufakat diabaikan dengan tindakan-tindakan yang  memaksakan kehendak. Nilai kemanusiaan yang adil dan beradab telah banyak dikotori oleh berbagai kasus pelanggaran hak asasi manusia, termasuk hak-hak anak, dan seterusnya.

 Terhadap permasalahan tersebut, bagaimana pandangan anak-anak kita, apa saja ide dan atau pendapat anak tentang penanaman nilai-nilai luhur di dalam kehidupan anak dan orang dewasa, baik secara pribadi maupun kelompok?  Bagaimana penerapan hak dan kewajiban anak yang selaras dengan nilai-nilai luhur di Indonesia?  Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut hendak digali dalam Lomba Menulis Nasional untuk Remaja tahun 2011,yang diselenggarakan oleh Yayasan Kesejahteraan Anak  Indonesia  (YKAI) bekerja  sama dengan  Unicef  dan Kementerian Pemberdayaan  Perempuan dan Perlindungan Anak.  

Lomba menulis yang sudah diadakan sejak 2004 ini merupakan upaya pemenuhan hak anak di Indonesia dan bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan kreativitas anak-anak remaja di bidang penulisan  serta merangsang  tumbuh  dan berkembangnya penulis-penulis muda yang kreatif, inovatif dan peka terhadap hal-hal yang ada di lingkungan sekitarnya. Lomba menulis ini ditujukan bagi dua kelompok peserta, yakni anak SLTP/sederajat dan anak SLTA/sederajat.  Persyaratan selengkapnya adalah sebagai berikut :

  • Peserta berusia 12 – 18 tahun (SMP/SMU/sederajat)
  • Bentuk artikel, asli, panjang tulisan 4-7 halaman A4, huruf Arial 12 pt spasi 1,5
  •  Sertakan data diri: nama, keterangan sekolah, kelas dan usia (disertai fotocopy        bukti diri: KTP/Kartu Pelajar). Tuliskan alamat jelas dan nomor telepon yang bisa  dihubungi.  Cantumkan juga dari mana memperoleh informasi lomba.
  •  Tulisan dikirim ke : Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia (YKAI), Jl. Penghulu 18,  Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta, paling lambat tanggal 30 September 2011.
 Ayo bapak ibu guru bimbing dan salurkan anak-anak kita yang memiliki bakat menulis untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.......
Informasi lebih lanjut hubungi telp. : 021-98292335 ; 021-98282905 ; 021-93810517 dan 0818-727864 (Aya) ; 0812-9464364 (Yuyun) ; 0818-660654 (Susan) danwww.ykai.net.Pemenang lomba akan mendapat penghargaan dari Unicef, tabungan serta bingkisan dari sponsor. Selain itu sebanyak 20 naskah terbaik juga akan dibukukan.  

6 komentar:

amatechx3 mengatakan...

bagus skali bu lomba nya oh iya saya folow ibu folow balik ya support me thanks

Masruroh mengatakan...

@Nata : ok trims ya telah sudi berkunjung

mohdhazlan Dreadlock mengatakan...

:) hai

Agreva Tania mengatakan...

Trimakasih, Bu atas infonya.. Menarik sekali..

Agreva Tania mengatakan...

izin copast info, Bu.. Mturnuwun

Masruroh mengatakan...

@Lan : Hai balik
& Ava : thanx ya sudah sudi berkunjung.... silakan ambil yg bermanfaat...he he