Rabu, 03 November 2010

Anda Berminat Jadi Kepala Sekolah Indonesia di Luar Negeri?

      Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Nasional (Dirjen PMPTK) akan melaksanakan rekrutmen calon Kepala Sekolah Indonesia di Luar Negeri yang masa tugasnya akan berakhir pada tahun 2011 dan 2012.
     Adapun Kepala Sekolah yang masa tugasnya akan berakhir adalah pada Sekolah Indonesia Luar neberi di :
1. Tokyo (Jepang)
2.  Kuala Lumpur (Malaysia)
3. Wassenar (Belanda)
4. Jeddah (Arab Saudi)
      Nah bagi teman-teman yang berminat bisa mendaftar dan mencoba, teman sekelas  kuliah saya di IKIP Negeri Semarang sudah selesai melaksanakan tugas di Belanda dan Kuala lumpur. Berikut persyaratannya:
I. Persyaratan Umum :
   a. Kualifikasi min S1/D IV dr PT yg terakreditasi
   b. Usia max 52 tahun
   c. Sedang menjabat Kepala sekolah min 3 th atau pernah menjabat min 3 th
   d. PNS min III /c
   e. Sehat, bukti Surat ketr dokter
   f. Mendapat Ijin dari Pemda (setelah dinyatakan lulus)
   g. Berkelakuan baik , bukti Surat ketr dr Kepolisian (setelah dinyatakan lulus)
   h. Membuat surat pernyataan bersedia ditempatkan pada negara tsb diatas dan kembali ke daerah sampai   selesai melaksanakan tugas.

II. Khusus  
   a. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris dg English Proficiency Test (EPT) atau sejenis (TOEFL minimal 450, IELTS minimal 5,0) dan akan memiliki nilai lebih apabila mampu berbahasa asing lainnya.
   b. memiliki wawasan luas tentang seni budaya Indonesia sehingga dapat mengenalkan dan mengangkat citra Indonesia  di tengah-tengah pergaulan Internasional.
   c. Memiliki kemampuan TIK

Untuk yang berminat bisa menghubungi Dinas Pendidikan, jadwal tes tertulis dari kementerian akan diberitahukan kemudian. Kegiatan rekrutmen ini sudah berlangsung sejak beberapa tahun yang lalu dan kemungkinan akan terus berlangsung di tahun-tahun mendatang, karena itu bagi yang berminat bisa mempersiapkan diri dalam pemenuhan persyaratan yang diminta.......

 Perlu diketahui bahwa ada 15 Sekolah RI Luar Negeri yang di bawah Kemendiknas dengan menggunakan kurikulum nasional plus dg standar Internasional tentunya, selain 4 yang disebut di atas. Demikian juga untuk penerimaan guru cpnsnya , yg jelas selain kualifikasi untuk jenis guru mapel tertentu penguasaan bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya sangat menentukan.....anda berminat, persiapkan diri.....

7 komentar:

masarifganteng mengatakan...

Kelihatannya asyik juga Kepala Sekolah di Luar negeri. Bikin hati berminat, tapi sayang belum memenuhi kualifikasi.

masarifganteng mengatakan...

Kelihatannya asyik juga Kepala Sekolah di Luar Negeri. Bikin hati berminat, tapi sayang belum memenuhi kualifikasi,,,,

Masruroh mengatakan...

Ya pak kalau berminat bisa persiapkan diri sambil menunggu kualifikasinya memenuhi, terutama kompetensi guru n Ks juga penguasaan B Inggris n lebih baik lg kl menguasai bhs asing lainnya, spt arab, prancis , jepang atau lainnya...krn hampir setiap 2 th ada
Selamat mempersiapkan diri...

Agus Jokowiyono mengatakan...

ibu, saya Agus jokowiyono, Drs. MMPd,TTL, Klaten, 15 agustus 1963, Pendidikan S1 Pendidikan Fisika, S2, magister manajemen konsentrasi Pendidikan, CPNS jadi Guru TMT, 1 Maret 1989, Menjadi Kepala Sekolah SMA Negeri TMT, 29 Juli 2008 sampai sekarang, golongan 4a, sedang mengajukan ke gol. 4/b, telah menyelesaikan Kursus bahasa inggris di Lembaga Kuanta klas 1a, dan sedangmengikuti klas 1b, sekiranya tidak keberatan mohon dikirimi form lamaran , menjadi kepala sekolah di SMA Negeri di luar negeri...(agus_jokowiyono@yahoo.com)

Masruroh mengatakan...

@Agus Jokowiyono: Maaf Pak untuk informasi Seleksi KS Indonesia di luar Negeri sepertinya diselenggarakan sesuai kebutuhan, jd tdk setiap tahun, kalau masa kontrak para penjabat sdh hampir selesai baru diadakan seleksi untuk penggantinya. Dan info dari Kemendikbud biasanya disampaikan ke semua Dinas Pendidikan Kab/kota, jd silakan Bapak hubungi Dinas Pendidikan terdekat unt form yg anda inginkan, good luck!

Ibu Diah mengatakan...

ass,salam hangat buat ibu. saya diah wahyuningsih rahayu. sekarang ini saya mengajar di sma n. 14 batam. saya mengajar sejarah. dan sekarang saya sudah gol. III b. mohon info, apakah ada lowongan untuk guru sejarah di sekolah indonesia nederland. saya sangat berminta untuk mengajar di sin.mohon infonya ya bu????

Masruroh mengatakan...

@Ibu Diah : Salam hangat kembali, silakan Ibu menghubungi ke Kemendikbud untuk langsung minta informasi terkait mutasi guru ke Sekolah RI di luar negeri