Minggu, 22 Agustus 2010

Pelatihan Online Mandiri Intel Teach Elements

       Seperti kutipan berita yang saya tulis pada artikel tentang "Penguasaan TIK Bagi Guru", dimana INTEL dengan program CSRnya telah memberikan penghargaan "Intel Education Awards 2010" kepada para guru yang telah berhasil menerapkan TIK dalam pembelajaran, ternyata masih ada bentuk kerja sama lain yang bisa teman-teman guru ikuti, yaitu  PELATIHAN ONLINE MANDIRI INTEL® TEACH ELEMENTS.

      Bapak Ibu Guru menurut saya ini adalah kesempatan yang harus dimanfaatkan  dalam rangka peningkatan kompetensi Guru, nah yang mau ikutan pelatihan Online mandiri Intel Teach Elements, silahkan gabung ya...dapet sertifikat 60 jam pelatihan dari Kemdiknas loh.....ada kompetisinya juga, Hadiahnya laptop, Modem 3G dan printer. ayo buruan gabung!!!!Silahkan lihat informasi dan pendaftaran di :

http://www.facebook.com/l/032d6yyB0mREgg5nUu4zLhC-uxw;www.teach-indonesia.co.id/itec.htm
  atau secara lengkap saya kopikan sebagai berikut :

Deskripsi
Intel® Teach Elements adalah seri kursus singkat online yang mengedepankan eksplorasi konsep pembelajaran abad 21 seperti Pembelajaran Berbasis Proyek, Penilaian Kecakapan Abad 21 atau Kolaborasi dengan menggunakan Web 2.0 sebagai alat bantu. Desain instruksi meliputi:
                • tutorial e-learning beranimasi
                latihan pembelajaran interaktif
                kegiatan offline untuk mengaplikasikan konsep
                pilihan untuk mengambil kursus mandiri atau fasilitasi

Keuntungan
                Pendek, sangat cocok untuk guru yang sibuk
                Formatnya fleksibel, dari mandiri ke fasilitasi baik secara tatap muka maupun online
                Isi pembelajaran bersahabat yang menawarkan pendahuluan untuk kursus online

Implementasi
Kursus singkat ini didesain untuk para guru dengan kecakapan teknologi menengah. Mereka tidak harus memiliki tuntutan kecakapan awal dan dapat dilaksanakan disepanjang Intel Teach portofolio. Master Teacher Intel Teach dapat memfasilitasi kursus singkat ini tanpa perlu dilatih lagi.
Kursus singkat ini terdiri dari 3 tipe aktivitas:
1. E-learning: Setiap kursus singkat memiliki 5 modul ditambah orientasi dan penutup. Setiap modul terdiri dari 3 sampai 6 pelajaran kegiatan interaktif dengan latihan yang memperkenalkan dan mengeksplor konsep.
2. Rencana Kegiatan:Banyak dari kegiatan e-learning diikuti oleh tugas Rencana Kegiatan. Pada akhir kursus, peserta yang menyelesaikan Rencana Kegiatan akan mendesain materi dan kegiatan untuk mengimplementasikan konsep baru atau mengembangkan latihan di kelas mereka.
3. Mentoring: Guru yang mengalami kesulitan dapat berkomunikasi dengan Mentor yang telah dipilihkan untuknya. Guru kesempatan untuk berbagi ide dan memberikan umpan balik pada rencana kegiatan mereka.

Pilihan Mandiri: Guru mengambil kursus mandiri dan menyelesaikan beberapa atau semua kegiatan yang mereka pilih. Mereka mendapatkan sertifikat setelah mengirimkan rencana tindakan, survey dan quiz sesuai ketentuan pada website, kursus ini bisa diambil secara offline maupun online.
                • Offline: Mengambil bagian kursus dari CD, menyelesaikan rencana kerja dan menyimpan kerja secara lokal

                • Online: Mengambil bagian kursus dari website, menyelesaikan rencana kegiatan dan menyimpan kerja secara lokal


Kursus Pendekatan Berbasis Proyek
Project-Based Approaches adalah kursus pertama dalam in the Intel Teach Elements series. Tujuan dari kursus ini untuk membantu guru mengembangkan pemahaman dan aplikasi mereka terhadap pendekatan berbasis proyek pada kelas abad 21.
Modul 1: Dasar Proyek
Melihat berbagai proyek dan belajar tentang karakteristik dan keuntungan proyek. Mengeksplor apa yang membedakan pendekatan proyek dari pendekatan tradisional.
Modul 2: Merencanakan Proyek
Menggunakan langkah desain proyek dan rencanakan alat bantu, mengidentifikasi apa yang harus dipelajari siswa, memilih proyek untuk mencapai tujuan, dan berpikir tentang proyek seperti apa yang pantas untuk kelasnya.
Modul 3: Penilaian Proyek
Mengintegrasikan penilaian sepanjang proyek untuk mendapatkan umpan balik dan memonitor perkembangan proyek atas isi pengetahuan dan kecakapan abad 21.
Modul 4: Penataan Proyek
Mempelajari strategi dan mengembangkan alat bantu untuk mendukung kemandirian siswa dan menata detail kerja proyek dari hari ke hari.
Modul 5: Instruksi Proyek
Merencakan instruksi untuk mengembangkan proses belajar siswa dan kecakapan berpikir seperti kerjasama dan berpikir kritis.

Jadwal Pendekatan Berbasis Proyek
                Agustus 2010: tersedia dalam bahasa Indonesia www.teach-indonesia.co.id/elements
Kursus Penilaian dalam Kelas Abad 21
Penilaian Kelas abad 21 adalah kursus kedua dari seri Intel Teach Elements. Tujuan dari kursus adalah untuk membantu guru mengembangkan penilaian pada kecakapan abad 21.
Modul 1: Pembelajaran Abad 21
Mempertimbangkan kebutuhan kecakapan abad 21 dari siswa untuk mengatasi perubahan dunia. Melihat bagaimana penilaian di kelas abad 21 itu seperti apa dan bagaimana kecakapan abad 21 itu dinilai.
Modul 2: Strategi Penilaian
Belajar bagaimana tujuan pembelajaran, latihan penilaian dan bagaimana metode dan instrument berbeda mencapai tujuan. Mengeksplor rubrik yang efektif untuk menilai kecakapan abad 21.
Modul 3: Metode Penilaian
Melihat bagaimana metode penilaian dapat dipergunakan untuk berbagai tujuan penilian sebagai bagian dari kegiatan kelas regular. Belajar bagaimana metode penilaian dapat meningkatkan proses belajar dan mengajar.
Modul 4: Mengembangkan Penilaian
Mengembangkan rencana penilaian dan membuat penilaian sesuai tujuan, kecakapan abad 21 dan tujuan dari unit atau proyek.
Modul 5: Melaksanakan Penilaian
Belajar cara membuat jadwal dan melacak pelaksanaan penilaian berkelanjutan yang mendukung siswa. Menggunakan data penilaian untuk membantu refleksi, menetapkan tujuan, merencanakan instruksi, dan mengembangkan input untuk pengembangan tujuan.

Jadwal Penilaian
                Segera menyusul


Persyaratan dan Ketentuan Pelatihan
a.     Persyaratan Peserta
Untuk dapat mengikuti pelatihan ini peserta harus berprofesi sebagai seorang Pendidik atau Tenaga Kependidikan yang memiliki NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) yang di keluarkan oleh Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK)

b.     Ketentuan Pelatihan
1.     Peserta diberikan waktu selama 3 bulan sejak account peserta telah disetujui oleh Admin
2.     Pada akhir pelatihan peserta harus Mengisi Quiz, Survey dan meng-upload Rencana Tindakan (Action Plan). (Action Plan dapat ditemukan pada Materi Pelatihan)
3.     Peserta dinyatakan lulus Quiz jika hasil pengerjaan Quiz anda memiliki nilai minimal 60, pengerjaan quiz dilakukan setelah menyelesaikan semua modul.
4.     Peserta yang Rencana Tindakannya ditolak dan dinyatakan tidak memenuhi syarat maka dianggap gugur.
5.     Peserta yang telah dianggap gugur dapat mengikuti pelatihan online mandiri lainnya yang tersedia.
6.     Bagi Peserta yang telah memenuhi ketentuan pada No.2, maka peserta dapat mendownload sertifikat pelatihan ini yang setara dengan 60 jam pelatihan dengan sertifikat bertaraf Nasional dari Kementerian Pendidikan Nasional RI.
7.     Peserta hanya memiliki satu kali kesempatan untuk mendownload sertifikat, jadi anda harus yakin bahwa koneksi internet dan pendukung lainnya benar-benar dalam kondisi baik pada saat mendownload sertifikat tersebut.
8.     Jika memerlukan kesempatan untuk mendownload sertifikat kembali, peserta harus mengubungi Admin melalui Contact Us pada website dengan memberikan alasan yang kuat.
9.     Jika pada saat proses pelatihan maupun setelah sertifikat berhasil didownload, ternyata NUPTK yang anda masukan tidak benar (palsu) maka kepesertaan anda dalam pelatihan ini dan Nomor Registrasi Sertifikat anda dinyatakan batal dan tidak berlaku.


KOMPETISI INTEL® TEACH ELEMENTS

Pada awal peluncuran pelatihan ini, kami akan memberikan Penghargaan atas kreativitas anda. Adapun penghargaan tersebut adalah :
·        Tiga buah laptop untuk tiga orang peserta yang berhasil mengerjakan Quiz, Survey dan menyelesaikan Rencana Tindakan (Action Plan) yang di upload dan disetujui oleh Mentor serta dinyatakan sebagai yang terbaik.
·        Hadiah Utama berupa Laptop, Modem 3G dan Printer bagi peserta yang berhasil melaksanakan Rencana Tindakan (Action Plan) dalam pembelajaran di sekolah masing-masing dan dinyatakan sebagai yang terbaik, dibuktikan dengan laporan pelaksanaan Rencana Tindakan Intel® Teach Elements dalam pembelajaran. Isi dari laporan tersebut adalah terdiri dari Resume pelaksanaan, portofolio, dokumentasi dsb.  Pelaksanaan Rencana Tindakan (Action Plan) dalam pembelajaran dapat dilakukan setelah Rencana Tindakan disetujui (Approve) oleh admin.
Pemenang akan diumumkan pada bulan April 2011.



Kunjungi juga Website Intel Education Indonesia
www.intel.com/education/id                                            
www.teach-indonesia.co.id                                      

9 komentar:

SDN TANGGERAN mengatakan...

Terima kasih atas informasinya, Bu. Segera dipelajari untuk ditindaklanjuti.

Apriyanti mengatakan...

Menarik sekali infonya bu,akan saya infokan ke teman yang kira-kira mampu mengikutinya shg hasilnya bisa ditularkan ke teman yg lain..trimakasih

Resi Dwija mengatakan...

ya buuu ....
nanti tak infokan ke teman2

M Mursyid PW mengatakan...

Nice info!
I don't wanna miss it.

kita guru kelas mengatakan...

Terima kasih, atas infonya,akan saya beritahukan sama temen2.

nurkadi mengatakan...

Mohon bimbingan juga agar kami bisa ambil bagian...

MAS OEIT mengatakan...

SEMOGA BERMANFAAT BAGI TEMEN2 GURU UNTUK PENINGKATAN PROFESIONAL..

MAS OEIT mengatakan...

semoga bermanfaat bagi guru-guru yang profesional...

juwariyanto mengatakan...

Juwariyanto SDN Pakisan 1 Bondowoso.
saya baru bergabung dalam pelatihann online ini. kirimi saya info yang dapat mempermudah. rekan sejawat juga sedang mempelajarinya. mohon infonya, bu.