Senin, 26 April 2010

Pesta Kelulusan.....

  Hari ini Senin 26 April 2010, sepanjang jalan-jalan protokol di Kabupaten Pekalongan dilalui sekumpulan anak-anak berseragam abu-abu putih yang telah dicat warna-warni dan berkeliling kota berboncengan dengan sepeda motor dan sebagian membunyikan keras-keras suara knalpot yang memekakkan. Ya mereka mengungkapkan rasa bahagianya karena lulus ujian nasional. Meskipun pihak Dinas dan sekolah telah menasehati untuk tidak mengecat pakaian seragam dan berkonvoi namun sebagian tidak menghiraukan himbauan itu. Mereka berfikir  keberhasilan harus dirayakan.... diantaranya dengan berkonvoi. Tapi sekali lagi itu hanya sebagian kecil (ratusan saja kali...)  kalau dilihat dari total peserta UN kali ini yang mencapai 5564. Karena masih banyak yang mengungkapkan kebahagiaan dengan cara yang lebih santun dan bermanfaat.

   Untuk tahun ini 2009/2010 ada 5.564 siswa pendidikan menengah (SMA= 2.612, MA= 890, dan SMK= 2.062) mengikuti Ujian Nasional. Dan hasilnya, atau angka kelulusan tahun ini secara nasional menurun demikian juga di Kabupaten Pekalongan bila dibanding tahun lalu yang mengalami penurunan 4,5%. Bila tahun lalu yang lulus 4.814 dari jumlah peserta 4.956 (97,13%), untuk tahun ini yang lulus 5.154 dari total peserta 5.564 (92,63%). Dengan kata lain ada  410 siswa yang harus bersiap-siap mengikuti Ujian  Nasional Ulangan yang akan diselenggarakan 10 - 14 Mei yang akan datang. 
    Karena itu bagi yang belum berhasil jangan berputus asa, siapkan diri untuk memperbaiki di kesempatan Ujian Ulangan tersebut. Untuk para orang tua dan guru juga untuk tidak bosan-bosan mendorong dan memotivasi anak-anak kita yang belum berhasil. Perjalanan meraih kesuksesan masih panjang, selamat berjuang.................

4 komentar:

mujibelrahman mengatakan...

Iya Bu. Perayaan terkadang melampau batas. Semoga tidak sampai ke tindakan kriminal ...Insya Allah untuk SMP 2 Wonokerto, 7 Mei 2010 nanti saat pengumuman kelulusan dihimbau untuk sujud syukur bersama dengan dipandu guru agama. Hal ini untuk mengimbangi perayaan yang kurang santun.

kusyardi mengatakan...

Sepanjang tidak mengganggu saudara-saudara kita-pemakai jalan- yang lain, bolehlah.

M Mursyid PW mengatakan...

Modul Suplemen MGMP BERMUTU yang ada di hal BBM Blog Ibu telah saya download dan menurut saya perlu di-share lebih luas. Maka mohon izin untuk saya jadikan bahan entri pada blog saya, nggih?

Masruroh mengatakan...

Dengan senang hati Pak...mohon untuk dishare kalau perlu untuk jd bahan referensi Guru2 yang lain.....