Rabu, 21 April 2010

Jambore 1000 PTK PNF....

  
Pada tanggal 14 sampai dengan 15 April 2010 Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, dalam hal ini Seksi PTK-PNFI Bidang PPTK, mengundang para Kabid dan kasi Dinas Pendidikan kabupaten/kota se Jawa Tengah serta para calon juri dalam rangka persiapan pelaksanaan Seleksi Jambore PTK-PNF tingkat Jawa Tengah yang akan diselenggarakan pada tanggal 7-9 Juni 2010 untuk tingkat Provinsi di LPMP dan P2PNFI Ungaran, serta untuk tingkat Nasional akan diselenggarakan pada akhir Juli 2010 di Surabaya Jawa Timur.
Penyelenggaraan Rakor kali ini  diharapkan dapat menyamakan persepsi dan menkoordinasikan kesiapan Kabupaten /Kota agar dapat menyelenggarakan seleksi untuk 14 jenis macam lomba sesuai pedoman yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Dan tentunya dengan persiapan ini diharapkan dapat mendukung Jawa Tengah yang telah 2 kali berturut-turut sebagai Juara Umum Nasional.
Jambore 1000 PTK-PNF adalah ajang seleksi dan pemberian penghargaan terhadap para pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan non formal yang berprestasi, dan juga merupakan upaya peningkatan mutu PTK-PNF. Dalam kegiatan ini ada 14 cabang lomba dalam bentuk LKN(Lomba Karya Nyata), LKT (Lomba Karya Tulis), Olah Raga dan Seni. Lebih lengkap tentang pedoman penyelenggaraan Jambore 1000 PTK-PNF dapat dilihat/diunduh di SINI.
Dalam Rakor ini dihadiri pula oleh wakil dari Direktorat PTK-PNFI Dirjen PMPTK yang diwakili oleh Bapak Rizal. Informasi menarik yang disampaikan beliau disamping tentang program peningkatan mutu PTK-PNF yang akan diselenggarakan bersamaan dengan penutupan Gebyar Jambore 1000 PTK-PNF, adalah bahwa saat ini telah dilakukan Rapat Tim kecil yang membahas tentang BUP dan Sertifikasi bagi Penilik dan Pamong Belajar, sebagai tindak lanjut usulan dari seluruh Penilik. Semoga harapan para Penilik dan Pamong Belajar dapat segera terpenuhi sebagaimana yang telah dinikmati oleh para Guru dan Pengawas pada jalur Pendidikan Formal.
Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Bp Kunto Nugroho, yang dalam pengarahannya beliau banyak berharap dan memberikan berbagai hal terkait persiapan lomba dan informasi terkini tentang kebijakan pendidikan. Diantaranya adalah tentang PP no 17 tahun 2010 (penambahan kewenangan pendidikan di provinsi dan Kabupaten kota) yang merupakan revisi atas PP 38 tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah Pusat, provinsi dan Kabupaten/Kota.
Untuk tingkat Kabupaten Pekalongan kami sudah edarkan informasi ini ke UPT Pendidikan tentang macam -macam lomba ini sehingga para Penilik dapat menginformasikan dan mempersiapkannya lebih awal. Dan untuk pelaksanaan tingkat kabupaten kita akan segera mengkoordinasikan pelaksnaannya dengan bidang PNFI dalam waktu dekat.
Berikut macam lomba yang akan diselenggarakan di tingkat provinsi, dan kita akan mengirim wakil terbaik untuk ke-14 macam lomba :
1.  Tutor PAUD, Tema : Pembelajaran Senam Ceria Anak Usia Dini/ Lagu Anak Usia Dini    
2.  Tutor Paket B Kesetaraan,Tema   : Metodologi Pembelajaran / Evaluasi Pembelajaran                     3.  Pengelola PKBM, Tema : Manajemen PKBM Berbasis Kewirausahaan                                       
 4.   Pengelola TBM, Tema : Manajemen TMB
5.  Pamong Belajar, Tema : Pengembangan Modal Pembelajaran Berwawasan Lingkungan                   (EISD)                                                                                                                                                               6.   Penilik, Tema : Model Evaluasi Program PNF/ Model Penjaminan Mutu Program PNF                    7.    Pengelola IT, Tema : Pembelajaran Pengembangan Web. Side SITE/ Pembuatan Lokar Area Net Working (LAN) / Pengelolaan Model Analisis Pendataan PTK-PNF                                                    
8.  Pengelola Kursus, Tema : Manajemen Kursus / Manajemen Produk Kursus Bermuatan Lokal    9. TLD / Pengelola PAUD, Tema : Pengelolaan POS PAUD ( Posyandu Terintegrasi PAUD )          10. Instruktur Tata Busana / Seni Musik, Tema : Cipta Lagu Hymne PTK-PNF                                    11. Tutor KF, Tema : Penyusunan Alat Evakuasi mendapatkan Sukma                                               12. Instruktur Bahasa Inggris, Tema : Model Pembelajaran Bahasa Inggris yang inovatif                     13. Instruktur Senam, Tema : Pembelajaran Senam Aerobik                                                            
14.  Instruktur Tata Rias, Tema : Pembalajaran Tata Rias pengantin Daerah

2 komentar:

SU7UD MARWOTO mengatakan...

Buat Blog baru lagi bu tentang PPPA (Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.Selamat bertugas di tempat baru, semoga sukses selalu!

Masruroh mengatakan...

@ Sujud : Saya pikir krm blog ini blog pribadi untuk sharing ttg pengalaman tugas saya mungkin sy tetap akan lanjutkan pak, tentunya materi disesuaikan dg apa yg sy alami ..... trims ya sukses jg untuk bapak