Selasa, 27 November 2012

Reorganisasi dan Konsultasi Forum Anak Kab. Pekalongan


                     Pada Rabu, 14 Nopember 20012 lalu telah dilaksanakan  kegiatan Reorganisasi dan Konsultasi Forum Anak Kab. Pekalongan di Aula Bappeda lantai 2, Jalan Sumbing no 1 Kajen. Dalam kegiatan ini  dibuka oleh  Kabid PP/PA Dra.Hj SITI MASRUROH MSi., mewakili Kepala BPMPKB yang sedang ada kegiatan lain. Selanjutnya kegiatan ini dipandu olehAnggota Tim pengembang KLA Jawa tengah dari 'Pro Child' yaitu Saudara Ery Pratama Putra. Anak-anak perwakilan dari 19 kecamatan yang hadir mewakili Forum anak kecamatan rata-rata adalah siswa SMP-SMA-SMK dari kecamatan masing-masing.




2.      Anak-anak tampak antusia mengikuti kegiatan ini karena pemandu Materi Forum Anak disampaikan oleh ERY PRATAMA PUTRA dari pengurus  pengembangan Forum Anak Jawa Tengah, menyampaikan dengan cara yang menyenangkan, seperti bernyanyi, berdiskusi dan melatih mereka mau berpendapat.


              Adapun ringkasan materi sbb:
a.       Sejarah terbentuknya Forum Anak Pekalongan dan Tim Pendamping Anak.
Konggres Anak pertama se-Kabupaten yang telah berlangsung pada bulan Juli 2009 telah memilih dan menetapkan anak-anak yang bertugas di Badan Pengurus Forum Anak Pekalongan masa bhakti 2009-2011, untuk merumuskan program kerja Forum Anak Pekalongan yang sistematis ,berkesinambungan dan dapat dipertanggung jawabkan dalam meneruskan perjuangan mereka menuju Pekalongan menjadi Kabupaten Layak Anak tahun 2015.
Pengurus terpilih telah banyak melakukan kongkrit kegiatan, berkoordinasi dengan instansi pemerintah terkait dan sosialisasi keberadaan forum tersebut, hal ini dilakukan guna memaksimalkan pemahaman serta menambah wawasan dari, bagi dan untuk anak sebagai anggota Forum Anak Pekalongan .
Tanggapan yang sangat positif dari berbagai pihak atas keberadaan forum anak Pekalongan dan tim pendamping anak menjadikan kami lebih giat ,bersemangat dan cerdas melakukan berbagai kegiatan yang berpihak pada kepentingan yang terbaik bagi anak.
b.      Tujuan dari pengembangan program Forum Anak dan Tim Pendamping Anak adalah :
1.      Sebagai media Monitoring dan Evaluasi program kerja tahunan pengurus forum anak Pekalongan dan pendamping forum anak.
2.      Menumbuh kembangkan dan pemahaman kepada anak Pekalongan tentang Perlindungan Anak yang tertuang dalam Konvensi Hak-hak Anak dan Undang-Undang No : 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.
3.      Membangun kesadaran kepada pemdamping anak se Kabupaten tentang perlindungan anak berbasis masyarakat.
4.      Menggali potensi dan bakat anak untuk menjadi Penulis Muda Indonesia dan ikut menjadi peserta dalam lomba penulis muda tingkat nasional 2013.
5.      Membangun kesadaran pentingnya anak usia remaja memahami kesehatan reproduksi bagi pengurus Forum Anak tingkat kecamatan.
6.      Memilih dan memunculkan anak-anak yang berpotensi dan menjadi duta anak dari tingkat kecamatan ,tingkat kabupaten Pekalongan ,tingkat propinsi Jawa tengah hingga tingkat nasional, dalam konggres anak 2013 di Jakarta.
7.      Merealisasikan Hak partisipasi anak dalam proses demokrasi pemilihan pengurus forum anak Kabupaten Pekalongan periode 2013-2015.
8.      Media koordinasi serta pelaporan pertanggungjawaban program kerja forum anak tahun 2012-2013 kepada Bupati Pekalongan selaku Dewan Pelindung dan Penasehat , serta SKPD terkait selaku Pembina forum anak Pekalongan.
3.       Dibentuknya kepengurusan Forum Anak Kabupaten Pekalongan tahun 2012-2014 secara pilihan.     Dari prosespemilihan yng dilakukan terpilihlan para Calon pengurus, yang selanjutnya mereka bertemu pada kesesokan harinya untuk menusun program kerja untuk tahun 2012-2013.


1 komentar:

weather station mengatakan...

wah reorganisasi pekalongan mantap deh