Minggu, 13 Maret 2011

Pengisian KRS pada PPKHB UMP

         Program peningkatan kualifikasi guru melalui program S1 bagi guru dalam jabatan dengan PPKHB (Pengakuan Pengalaman Kerja dan Hasil Belajar) khususnya untuk program studi PGSD untuk guru kelas SD di Kabupaten Pekalongan yang bekerja sama dengan UMP (Universitas Muhammadiyah Purwokwerto) sejak Oktober 2009 membuktikan bahwa kebijakan pemerintah ini telah dapat diimplementasikan dan dimanfaatkan oleh para guru di Kabupaten Pekalongan. Angkatan pertama tahun 2009/2010 dulu ada 125 dan telah lulus 123, kemudian angkatan kedua tahun 2010/2011 ada 36 guru dan mudah-mudahan lulus semua dan akan mengikuti wisuda pada April besok.
        Dan kemarin Sabtu, 12 Maret 2011 telah diundang sebanyak 160an guru (angkatan ketiga) yang telah mendaftar dan dinilai portopolionya serta menerima hasil konversi SKS. Hasil konversi SKS mereka cukup beragam sesuai dengan hasil penilaian portopolionya. bagi yang memiliki pendidikan asal D2 mereka tinggal menempuh antara 34 sampai dengan 44 SKS, berarti dapat ditempuh dalam 2 semester.
       Sedang yang berbasis pendidikan SMA dari hasil konversi kemarin saya lihat ada yang tinggal menempuh 86 SKS tapi ada juga yang 120 SKS dari program S1 yang seharusnya 140 SKS. Sekali lagi tentu perbedaan ini karena dokumen yang dinilai di portopolio yaitu masa kerja, serta bukti kinerja selama ini seperti RPP, juga penghargaan yang dimiliki. Ada juga lo yang tidak diterima alias dibatalkan karena tidak memenuhi syarat atau portopolionya tidak menunjukkan yang bersangkutan sebagai Guru Tetap dan memiliki masa kerja minimal 2 tahun.
      Selamat kepada para guru yang diterima dan akan memulai perkuliahan pada tanggal 26 Maret nanti. Pesan yang saya sampaikan kemarin, bahwa :
1.   Selamat menempuh kualifikasi S1 melalui PPKHB, yang merupakaan penghargaan pemrintah kepada para guru dalam jabatan, berupa pengurangan/konversi SKS
2.   Agar para guru yang sedang menempuh S1 ini dapat mengatur waktu sebaik-baiknya, karena prinsip Bapak/Ibu guru tidak boleh meninggalkan tugasnya sebagai guru saat menempuh kualifikasi S1 ini.
3.   Harus ada peningkatan kompetensi, karena pada dasarnya peningkatan kualifikasi  menjadi S1 dan akan mendapatkan gelar S.Pd. harus menunjukkan adanya peningkatan kompetensi, karena itu belajar dengan sungguh-sungguh.
4. Untuk yang berbasis D2, maka apabila belajar sungguh-sungguh maka diperkirakan dapat lulus dan mengikuti wisuda pada April 2012, karena itu kerjakan semua tugas-tugas dan ujian sebaik-baiknya.

Semoga apa yang menjadi harapan dari program ini tercapai, mnjadikan guru-guru lbih profesional dalam melaksanakan tugasnya dan meu terus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan.....

3 komentar:

cholist mengatakan...

semoga lancar semua baik waktu, tenaga dan dana. Semoga ada peningkatan kompetensi sehingga gelar tidak mubadzir. Semoga kinerja guru meningkat sebanding dg peningkatan kualifikasi akademik.
Saya adalah salah satu peserta bu, dan sks tempuh saya 46. Saya sudah merasa sangat terbantu dg adanya program ini, walau tidak mencapai sks tempuh 34.

Masruroh mengatakan...

Oya good luck pak semoga bisa lulus tepat waktu, 46 bisa ditempuh 2 smtr kan , tp hrs belajar keras......
Mudah2n bisa selesai April tahun depan.....

MOHAMMAD mengatakan...

ass..berapa biaya PPKHB per semester di tempat ibu masruroh ? swadana atau beasiswa? trims atas jaawabannya