Minggu, 12 Oktober 2008

Counterpart training in Japan




Sejak tahun 1999, proporsi kerjasama JICA di sektor pendidikan telah meningkat dan jumlah dana kerja sama pendidikan ini mencapaikurang lebih 20% (27.7 billion yen) dari total kerjasama teknis JICA. Kerja sama pendidikan JICA terutama pada pendidikan dasar, pelatihan vokasional/pendidikan teknis dan pendidikan tinggi. Dari ketiga bidang ini pendidikan dasar mencapai kurang lebih 40% dari total kerja sama sektor pendidikan.

Adapun prioritas kerja sama pendidikan dasar meliputi :
1. Peningkatan APK pendidikan dasar
2. Peningkatan mutu pendidikan dasar
3. Pengurangan disparitas gender
4. Perluasan pendidikan non formal
5. Peningkatan manajemen pendidikan
Kerjasama pendidikan JICA di Indonesia terdiri dari 2 pilar utama :
1. Pencapaian standar nasional , melalui program :
- REDIP (Regional Education Development and Improvement Program) : program pengembangan dan peningkatan pendidikan di daerah, khususnya untuk jenjang SMP-MTs. Program ini dikembangkan di Propinsi Jawa Tengah, Sulawesi utara, Jawa Barat dan Banten.
- SISTTEMS (Strengthening In-Service Teacher Training of Mathematics and Science Education at Junior at Junior and Secondary Level ): Mengembangkan model-model bagi standar nasional untuk 1) Manajemen Berbasis Sekolah dan 2) Peningkatan Kualitas Guru.
2. Program Pembangunan Daerah :
- Program Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan : Perencanaan Terintegrasi untuk Pengembangan Pendidikan di SMP Sulawesi Selatan (PRIMA Pendidikan), dengan tujuan peningkatan menyeluruh baik akses, mutu dan manajemen ( kombinasi REDIP + SISTTEMS).
- Program Pembangunan Daerah untuk wilayah Indonesia bagian barat laut : Proyek Pemberdayaan masyarakat “Membangun kembali masyarakat untuk Reintegrasi Maluku”. Pengenalan pendekatan REDIP untuk membangun kembali masyarakat di dua kecamatan di Pulau Ambon.

Melalui kerja sama di bidang pendidikan daerah ini JICA mengikutsertakan para pelaku kebijakan teknis di daerah-daerah tersebut dalam ‘Counterpart Training’ selama dua minggu di Jepang.

Program Pelatihan mengenai “EDUCATION SYSTEM, SCHOOL MANAGEMENT AND QUALITY IMPROVEMENT IN JAPAN” dilakukan dengan kegiatan Ceramah, Observasi dan Diskusi. Adapun garis besar program sebagai berikut :
1. Pengarahan Program Pelatihan
2. Penjelasan Jadwal General Orientation
3. Kunjungan ke National Institute for Educational Policy Research
4. Kunjungan ke The NationalMuseum of Emerging Science and Innovation
5. Kunjungan ke Dewan Pendidikan Prefectural Tokyo
6. Kunjungan ke Dewan Pendidikan Municipal Shinagawa-ku dan Suginami-ku
7. Kunjungan ke SD-SMP Satu Atap Ito Gakuen
8. Kunjungan ke SRIT (Sekolah Republik Indonesia Tokyo)
9. Kunjungan ke SD Eifuku
10. Kunjungan ke Pusdiklat bagi Tenaga Kependidikan Tokyo
11. Kunjungan ke SD dan SMP Koganei, Universitas Tokyo Gakugei
12. Refleksi Training /Penyusunan Rencana Aksi
13. Evaluasi

3 komentar:

Education For All mengatakan...

Great...!! mau dong...

mmursyidpw mengatakan...

Kita akan sangat berterima kasih jika Ibu paparkan lebih panjang pengalaman Ibu selama di Jepang - barangkali ada aplikasi manajemen pendidikan yang dapat kita adopsi.

Education For All mengatakan...

That's a good idea..I will do it