Catatan Evaluasi APE 2012 :
1.Belum adanya Program Kerja Pokja PUG, meskipun banyak kegiatan yg sudah dilaksanakan.
2.Pengisian format evaluasi yg kurang cermat, kurang rapi, dan tidak dituliskan daftar lampiran data pendukung
3.Best practise baru dari Bappeda & BPMPKB, perlu digali/dibuat dari semua SKPD terkait yg menyangkut inovasi dan capaian PUG.
4.Kurangnya jumlah fasilitator PPRG
5.Belum adanya kebijakan/peraturan perundangan daerah ttg pelaksanan PUG
6.Belum semua Renstra SKPD mengintegrasikan isu gender
7.Juknis Musrenbang belum mengaplikasikan isu gender
8.Kehadiran Rapat Pokja PUG belum maksimal, masih banyak yg diwakilkan.
9.Focal Point SKPD sudah terbentuk namun belum menunjukkan hasil kinerjanya
10.Belum disusunnya Laporan Tahunan Pokja PUG yg disampaikan kepada Bupati, Gubernur dan Mentri PPPA.
Evaluasi Kerja Pokja tahun 2012:
1.Telah terbentuknya Focal Point Gender di 35 SKPD, dg SK Kepala SKPD masing-masing
2.Terlaksananya 2 kali Pelatihan PPRG yang diikuti oleh utusan seluruh SKPD
3.Sosialisasi PPRG kepada DPRD
4.Roadshow ke 5 SKPD Percontohan ARG (BPMPKB, Dindikbud, Dinkes, Dinperindagkop umkm dan DPPK)
5.Pendampingan penyusunan GAP-GBS pd 5 SKPD tsb.
6.Rakor PUG Tk. Kabupaten 2 kali
7.Terlaksananya Seminar PUG yg dihadiri oleh seluruh SKPD dan pihak terkait
Penyusunan Program Pokja PUG tahun 2013:
•Program
kerja Pokja PUG akan disusun dari kegiatan yang dilaksanakan di Bappeda, BPMPKB maupun SKPD lain yang menyangkut program PUG.
•Untuk itu dimohon kepada semua SKPD dapat melaporkan kegiatan PUGnya sebagai bahan penyusunan Program Kerja PUG
Pemantauan pelaksanaan PPRG di 5 SKPD percontohan :
•Pelaksanaan Kegiatan 2013 pada 5 SKPD yg telah ditunjuk dan disusun ARGnya pd th 2012, perlu dilakukan pemantauan dan evaluasi oleh Tim Teknis ARG.
•Untuk itu perlu disusun mekanisme pemantau dan laporan evaluasinya, agar capaiannya dapat terukur sesuai dg GAP-GBSnya
Persiapan APE 2013 :
1.Berupaya secara bertahap dan terencana memenuhi semua kekurangan dalam catatan evaluasi APE 2012
2.Menambah 10 SKPD percontohan ARG pd th 2013, dan semua SKPD lainnya yg tersisa pada th 2014
3. Perlu menambah jumlah fasilitator dengan cara ?
4.Membagi tugas antar anggota pokja PUG untuk penyusunan Kebijakan(Bappeda dan BPMPKB) dan Best Practice(15
SKPD Percontohan ARG).
5.Bappeda agar membuat edaran agar semua SKPD memasukkan isu gender dalam Renstra-nya.
6.Bappeda agar memasukkan aplikasi isu gender dan keterwakilan Forum Anak dalam Juknis Musrenbang.
7.Tahun 2013 ini Pokja PUG harus menyusun laporan kinerja Pokja PUG th 2012 yg disampaikan kepada Bupati, Gubernur dan Mentri PPPA
8.Perlunya Tim Teknis PUG menyusun format laporan untuk meminta agar semua Focal point memberikan laporan kinerjanya.
9.Inspektorat perlu menyusun pedoman pengawasan PPRG dan mensosialisasikannya kepada seluruh pemeriksa.
Kesimpulan:
1.Susun Rencana Kerja Pokja PUG dan pembagian tugas2
2.Mengusulkan beberapa kegiatan yg belum masuk pada APBDP tahun ini
Harapan :
•Kabupaten Pekalongan tahun 2013 kembali mendapatkan Anugerah Parahita Ekapraya namun dalam kategori MADYA atau UTAMA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar