Kamis, 10 Maret 2011

Laporan Kegiatan Bermutu: 8 Tagihan

         Memenuhi permintaan teman di Borneo saya coba akan  mengurai tentang Laporan Kegiatan KKG/MGMP dalam kegiatan BERMUTU yang kita kenal dengan 8 tagihan, yang juga menjadi indikator keberhasilan program Bermutu pada kelompok kerja. Namun sebelumnya minta maaf kalau ada beda interpretasi dengan apa yang telah dibuat para Guru/KS/PS dalam laporannya. Karena dalam minggu-minggu ini semua kelompok kerja penerima DBL Bermutu telah menyelesaikan kegiatannya dan telah atau sedang menyelesaikan laporan kegiatan termasuk tagihan-tagihannya.
          Untuk KKG/MGMP penerima DBL (Dana Bantuan Langsung) program Bermutu sesuai dengan proposal kegiatan yang telah disetujui oleh LPMP melaksanakan kegiatan peningkatan kompetensi guru dalam rangka peningkatan layan pendidikan di kelas. Karena itu untuk penerima DBL tahun pertama khususnya, setelah melaksanakan kegiatan sesuai proposal yang yang dibuat dan menyusun  laporan kegiatan serta  laporan keuangan yang dilampiri dengan 8 tagihan, sebagai berikut :
 1.  KTSP : laporan hasil telaah dokumen KTSP, dalam rangka kajian kelebihan dan kekurangan serta perbaikan dokumen KTSP tahun berikutnya.
 2.  Silabus dan RPP : laporan hasil telaah Silabus dan RPP, dalam rangka kajian kelebihan dan kekurangan serta perbaikan Silabus dan RPP tahun berikutnya.
 3.  Kajian Kritis : Laporan hasil membaca dan menelaah buku/pustaka yang bisa menjadi sumber belajar. Kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan dalam membuat kajian teori dan kerangka berpikir yang bermanfaat  dalam membuat publikasi ilmiah.
4. Bank Soal : Laporan kegiatan peningkatan kompetensi guru dalam kompetensi terkait penyusunan perencanan dan pelaksanan evaluasi pembelajaran, dari membuat kisi-kisi soal, kartu soal, analisis butir soal, hingga analisis hasil evaluasi.
5. Jurnal Belajar : Laporan dalam kegiatan ini dapat berupa jurnal belajar peserta kelompok kerja dalam 16 pertemuaan, yang nantinya dapat menjadi latihan  penyusunan jurnal belajar yang akan diterapkan pada siswa, dengan menampilkan kegiatan Refleksi, menampilkan kekurangan dan kelebihan proses pembelajran serta penilaian dan catatan atas tujuan pembelajaran yang tidak/belum tercapai.
6.  PTK : Laporan atas proposal dan hasil penelitian pada  proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas.
7. Study Visit : laporan kegiatan kunjungan ke kelompok kerja atau ke sekolah lain dengan mencatat kelebihan yang dapat diterapkan di kelompok kerja atau di sekolahnya. dapat pula laporan pelaksanaan lesson study.
8. CPD : laporan dalam bentuk peta kompetensi guru, atau hasil self assessment atas penguasaan kompetensi anggota KKG/MGMP berdasra IPKG (Instrumen Penilaian Kinerja Guru)

     Demikian semoga sedikit gambaran di atas dapat memberi alternatif pemahaman dalam penyusunan laporan kegiatan KKG/MGMP program Bermutu.

4 komentar:

teha haryanto mengatakan...

Smoga semua Gugus/sanggar yg mendapat DBL Bermutu tahun 2009/2011 dapat memenuhi ke delapan tagihan tersebut. terus dead line laporan kegiatan & laporan keuangan penggunaan DBL tsb kapan Bu (maaf lupa)...trim's

Masruroh mengatakan...

Akhir Maret Pak, karena pada awal April harus dibawa ke LPMP

LAMI NUR RISMA mengatakan...

Terima kasih Bu atas informasinya,kami memang belum begitu memahami tentang bentuk laporan 8 tagihan BERMUTU terutama untuk KTSP, Silabus dan RPP.

Erna E Adril mengatakan...

Oh.... My God... I'm still confused about CPD item, and my members are still hard to write what are in their mind....But I'll try to finish the report

Thanks Ibu..