Minggu, 02 Oktober 2011

Rakor BPPKB dengan PLKB

Pada 1 Oktober 2011 kemarin, setelah mengikuti HAPSAK BPPKB Kabupaten Pekalongan mengadakan Rapat Koordinasi yang diikuti oleh seluruh penyuluh KB, atau PLKB yang merupakan pejabat fungsional yang pembinaannya ada di bawah BPPKB, lembaga yang baru terbentuk 3 tahun ini. Sebelumnya mereka adalah pegawai pusat di bawah binaan BKKBN. Namun dengan dilimpahkannya urusan KB ke pemerintah daerah, mereka pun ikut berubah menjadi pegawai daerah.
         Hj. Megawati, M.Pd selaku kepla BPPKB Kabupaten Pekalongan melakukan pembinaan kepegawaian sekaligus menyampaikan informasi penting yang harus ditindaklanjuti, dilanjutkan penyampaian informasi oleh para Kepala Bidang (Kabid PPPA, Kabid Monev, Kasubid KB dan Kasubag Kepegawaian).
         Beberapa catatan penting yang harus diperhatikan:
  • Para PLKB yang pangkalan tugasnya di 19 kecamatan di Kabupaten Pekalongan harus meningkatkan disiplin dan kinerjanya. Ikut apel setiap pagi, dan apabila bertugas ke desa-desa ada koordinasi dengan pihak kecamatan, agar tidak ada laporan kalau PLKB tidak pernah "ngantor". Absen setiap bulan harus diserahkan ke Kasubag Kepegawaian BPPKB dengan diketahui Camat.
  • Perlunya peningkatan koordinasi khususnya ke Pak Camat, karena beliau sebagai kepala wilayah bertanggung jawab pula untuk mengetahui semua program pembangunan yang ada di wilayahnya termasuk menerima laporan dari tugas yang dilaksanakan oleh para PLKB.
  • Melaksanakan dan menyelesaikan tugas pendataan keluarga tepat waktu, dengan melakukan koordinasi dan pembinaan dengan para kader SKD di setiap desa binaannya.
  • Berupaya keras mencari PB (peserta baru) KB agar target di akhir tahun ini yaitu 20.000 peserta baru tercapai.
  • Kecamatan pencapaian PB terendah yaitu Kecamatan Buaran agar dapat meningkatkan lagi koordinasi dengan seluruh stakeholder yang ada.
  • PLKB sebagai fungsional di bawah binaan BPPKB juga memiliki tugas ikut memfasilitasi dan mendampingi tupoksi bidang PPPA, khususnya dalam pelaksanaan upaya perlindungan perempuan dan anak, pencegahan terjadinya kekerasan pada perempuan, anak dan KDRT juga melakukan pendampingan apabila terjadi kasus kekerasan pada perempuan , anak dan KDRT.
  • IPKB bersama-sama memfasilitasi agar para PLKB dapat mengajukan dan melakukan penilaian angka kredit sehingga jangan sampai terjadi penundaan kenaikan pangkat atau bahkan pembebasan dari jabatan fungsional PLKB. (Juknis Angka Kredit PLKB)
  • Seluruh hasil pendataan keluarga agar dapat diselesaikan pada akhir bulan September 2011.
  • Agar seluruh PLKB dapat mendukung keberlangsungan updating Weblog BPPKB Kabupaten Pekalongan ini (bppkbkajen.blogspot.com), dengan cara mengirimkan berita, info atau tulisan PLKB tentang ide atau pikirannya dalam rangka mencapai Visi dan Misi BPPKB ke alamat email : bppkbkajen@gmail.com
       Semoga kegiatan ini dapat dijadwalkan secara periodik, dalam rangka koordinasi guna peningkatan kinerja.

Tidak ada komentar: