Selasa, 02 Februari 2010

SEMINAR KEMANDIRIAN SEKOLAH DALAM MENGHADAPI UN

Seminar UN dan Peningkatan Mutu Pendidikan

     Pada hari Juma't 22 Januari 2010 yang lalu bertempat di Aula Setda Lantai 1, telah dilaksanakan Seminar Peningkatan Mutu Pendidikan dengan tema 'Kemandirian Sekolah dan Kompetensi Pendidik dalam rangka Peningkatan Mutu Pendidikan'. Seminar ini dapat terselenggara atas kerja sama Dinas Pendidikan dengan LPMP Provinsi DKI Jakarta dari Divisi Kemitraan . Seminar diikuti oleh seluruh Kepala SMP/MTs/SMA/SMK/MA baik negeri maupun swasta serta para Ketua dan sekretaris MGMP mapel UN SMP/MTs/SMA/SMK/MA.. Seluruh pembiayaan penyelenggaraan seminar ini dari Divisi kemitraaan LPMP Jakarta, sebagai bonus atas kerja sama  selama 3 tahun terakhir ini dengan MKKS SMP maupun SMA di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan. 
     Bupati Pekalongan berkenan membuka kegiatan ini dengan memberikan pengarahan dan pembinaan tentang pentingnya peranan Kepala Sekolah selaku manajer untuk demokratis dalam menerapkan semua kebijakan dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan para pemangku kepentingan pendidikaan, dan bersikap progresif dalam menerapkan program sekolah, dengan modal kecil tapi mampu mencapai manfaat yang sebesar-besarnya. Kreatifitas lokal para kepala sekolah dituntut dalam kerangka MBS(manajemen Berbasis Sekolah) dengan terus melibatkan peran serta orang tua siswa dan lingkungan sebagai mitra.
Satuan pendidikan sebagai unit pelayanan publik juga dituntut senantiasa meningkatkan pelayanan yang bermutu dengan menerapkan asas keterbukaaan, dan pentingnya juga memhami bahwa ada 70% potensi peserta didik yang dapat dikembangkan di luar kapasitas akademik yang dikembangkan di sekolah sesuai jurusannya.  
      Ibu Widyaningtyas S, SE,MM dari Divisi kemitraan LPMP DKI Jakarta dalam sambutannya menyampaikan bahwa kerja sama yang terjalin selama ini dapat terus dilanjutkan. Semua peserta diberi satu CD yang berisi beberapa paket soal yang dapat digunakan di sekolah untuk latihan pada pesrta didik. Dan kepada para pengurus MGMP paket soal tersebut dapat menjadi bahan guna pengembangan kompetensi profesional para guru yang dilakukan di forum atau pertemuan masing-masing MGMP.
    Sedianya Nara Sumber adalah Bapak Drs S Karim A Karhami, MA Kepala Diklatpim dan penanggungjawab diklat Kurikulum Pusdiklat Depdiknas, namun karena ada tugas lain yang mendadak digantikan oleh Bapak Prof. Dr. WASINO, M.Hum, dari Pasca Sarjana UNNES. Beliau menyampaikan materi tentang Ujian nasional dan Peningkatan Mutu Pendidikan. sedang selaku Moderator adalah Drs. Suharyadi, MM dari Pusat Kurikulum Depdiknas.
       Nara sumber menyampaikan beberapa kiat yang dapat dilakukan oleh kepala sekolah khususnya dalam menyiapkan seluruh siswanya sejak awal dan bagaimana Kepala Sekolah mampu memaksimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki sesuai dengan fungsi dan perannya masing-masing. Semoga materi serta diskusi pada seminar ini dapat menambah wawasan dan kesiapan semua satuan pendidikan di Kabupaten Pekalongan dalam menghadapi Ujian Nasional 2010 dengan hasil yang dapat dibanggakan sebagai bukti adanya peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Pekalongan, semoga...........

Tidak ada komentar: